Ahok: Tahun depan, bayar pajak di DKI dengan sistem online

Sabtu, Desember 01, 2012 0 Comments

GEBRAKAN 100 HARI JOKOWI BASUKI #46


"Ya kita inginkan tahun depan semuanya sistem online..." 

Ahok

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memastikan pembayaran pajak akan menggunakan sistem online mulai tahun 2013. Hal ini untuk menjawab keluhan Kepala Dinas (Kadis) Pajak yang menyatakan tidak sanggup mengumpulkan pajak tanpa sistem online.

"Ya kita inginkan tahun depan semuanya sistem online. Dia (Kadis Pajak) nggak sanggup kalau tidak dengan sistem online," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Jumat (30/11).

Ahok mengatakan, untuk mempersiapkan sistemnya, Pemprov telah menganggarkan biaya sebesar Rp 300 miliar dan akan menjalin kerjasama dengan bank. "Biar semua wajib pajak harus pasang online dengan bank yang kita tunjuk, bank mana saja lah," tutur dia.

Selanjutnya, kata Ahok, setelah sistem berjalan, pendapatan para wajib pajak akan langsung dipotong melalui mekanisme autodebet. "Maka itu dibuat surat pernyataan langsung autodebet 10 persen untuk masuk ke rekeningnya pajak," terang dia,

Untuk penerimaan pajak tahun depan, Ahok pun memasang target yang cukup tinggi. "Saya mau tancap gas, Rp 40 triliun dong. Lebih mantab. Jangan sedikit-sedikit," ungkap dia.

Sedangkan untuk bank pelaksanaannya, kata Ahok, pihaknya sudah mendapat tawaran dari beberapa bank. "Banyak bank yang mau, BRI, BNI, Mandiri, BCA, semua mau. BRI sudah komit. Kalau yang lain gak mau ikut, suruh BRI saja semuanya," ucap dia.

Lebih lanjut, Ahok menambahkan, sistem online ini juga diterapkan dengan maksud untuk mengurangi kebocoran pajak. "Sekarang sudah pasti bocor lah kalau tidak online," pungkas dia.






Editor: M. Amin
Sumber :


Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.