Transparansi Anggaran Ahok Patut Dicontoh Negara

Sabtu, November 17, 2012 1 Comments

GEBRAKAN 100 HARI JOKOWI BASUKI #32

Transparansi Anggaran Ahok Patut Dicontoh Negara
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mencoba motor patroli pengawal Dinas Perhubungan disela-sela apel kesiagaan banjir di lapangan Monas Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2012). Basuki mencoba motor besar ini untuk merasakan sensasi saat mengendarainya. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

"Itu jadi pretensi yang baik untuk role model di daerah lain, termasuk di pemerintahan." 

Yuna Farhan

Sekretaris Jenderal FITRA, Yuna Farhan mengatakan, transparansi anggaran yang dilakukan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) patut dicontoh oleh Pemerintah, baik Eksekutif maupun Legislatif.

"Itu jadi pretensi yang baik untuk role model di daerah lain, termasuk di pemerintahan," ujar Yuna usai dialog Polemik yang digelar di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (17/11/2012).

Menurut Yuna, dengan diterapkannya transparansi anggaran yang dilakukan Ahok, maka pembahasan anggaran itu tidak hanya Eksekutif dan Legislatif saja yang mengetahui.

Dengan keterbukaan itu, Yuna mengatakan bahwa rakyat bisa mengetahui apakah pengubahan anggaran itu demi kepentingan rakyat atau tidak.

"Kalau dewan mau usulkan ada perubahan dan naikan anggaran, itu terekam, ada historinya apa sih alasan mau naikin atau turunin atau mengubah anggaran dan rakyat bisa menilai karena politik anggarannya terbuka," kata Yuna.

Menurut Yuna, selama ini publik tidak mengetahui pembahasan anggaran karena tertutup, meskipun dilakukan secara formal dan terbuka, tetapi deal-deal itu bukan pada saat pembahasan anggaran di ruang formal itu. 

"Justru kongkalikong itu dilakukan dibalik itu (pembahasan anggaran)," tutur Yuna.

Dengan keterbukaan tersebut, Yuna menilai hal ini bisa mengurangi praktik kongkalikong antara DPR, Pemerintah dan pihak ketiga yang selama ini terjadi.







Editor: M. Amin
Sumber : 

                            Tribunnews.com


Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.