Sabtu, 17 November 2012

Transparansi Anggaran Ahok Patut Dicontoh Negara

GEBRAKAN 100 HARI JOKOWI BASUKI #32

Transparansi Anggaran Ahok Patut Dicontoh Negara
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mencoba motor patroli pengawal Dinas Perhubungan disela-sela apel kesiagaan banjir di lapangan Monas Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2012). Basuki mencoba motor besar ini untuk merasakan sensasi saat mengendarainya. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

"Itu jadi pretensi yang baik untuk role model di daerah lain, termasuk di pemerintahan." 

Yuna Farhan

Sekretaris Jenderal FITRA, Yuna Farhan mengatakan, transparansi anggaran yang dilakukan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) patut dicontoh oleh Pemerintah, baik Eksekutif maupun Legislatif.

"Itu jadi pretensi yang baik untuk role model di daerah lain, termasuk di pemerintahan," ujar Yuna usai dialog Polemik yang digelar di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (17/11/2012).

Menurut Yuna, dengan diterapkannya transparansi anggaran yang dilakukan Ahok, maka pembahasan anggaran itu tidak hanya Eksekutif dan Legislatif saja yang mengetahui.

Dengan keterbukaan itu, Yuna mengatakan bahwa rakyat bisa mengetahui apakah pengubahan anggaran itu demi kepentingan rakyat atau tidak.

"Kalau dewan mau usulkan ada perubahan dan naikan anggaran, itu terekam, ada historinya apa sih alasan mau naikin atau turunin atau mengubah anggaran dan rakyat bisa menilai karena politik anggarannya terbuka," kata Yuna.

Menurut Yuna, selama ini publik tidak mengetahui pembahasan anggaran karena tertutup, meskipun dilakukan secara formal dan terbuka, tetapi deal-deal itu bukan pada saat pembahasan anggaran di ruang formal itu. 

"Justru kongkalikong itu dilakukan dibalik itu (pembahasan anggaran)," tutur Yuna.

Dengan keterbukaan tersebut, Yuna menilai hal ini bisa mengurangi praktik kongkalikong antara DPR, Pemerintah dan pihak ketiga yang selama ini terjadi.







Editor: M. Amin
Sumber : 

                            Tribunnews.com


Berita Davina

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

1 komentar:

  1. Supaya transparansi anggaran seperti yang dilakukan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama itu betul-betul dicontoh dan dilaksanakan oleh pemerintah, baik eksekutif mau pun legistalif, sepertinya rakyat harus melakukan PUSH dengan pelbagai cara dan terus-menerus. Kalau tidak demikian, paling-paling pemerintah cuma akan bicara JANGAN MELAKUKAN PENCITRAAN, padahal maksudnya masih ingin kongkalikong.

    BalasHapus

Pedoman Komentar

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu.

Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.

Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar :)