Sering berpelukan mampu kurangi risiko penyakit jantung

Jumat, November 16, 2012 1 Comments

Sering berpelukan mampu kurangi risiko penyakit jantung
Ilustrasi berpelukan. ©2012 Shutterstock/Yuri Arcurs

"Pengalaman emosional yang positif seperti berpelukan membuat reaksi biokimia dan psikologi meningkat." 
- Dr Jan Astrom
Sekali atau dua kali berpelukan dalam sehari dianggap lebih efektif daripada makan sebuah apel untuk menjaga kesehatan. Sebab peneliti menyebutkan sering berpelukan mampu menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi gejala stres dan depresi.
Seperti yang dilansir dari Daily Mail, sepuluh detik berpelukan dianggap cukup untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Peneliti tepatnya menyebutkan bahwa pelukan membuat hormon oxytocin meningkat dan hormon pemicu stres, cortisol, otomatis menurun.
"Pengalaman emosional yang positif seperti berpelukan membuat reaksi biokimia dan psikologi meningkat," tutur Dr Jan Astrom, kepala peneliti yang melaporkan hasil studi dalam jurnal Comprehensive Psychology.
Penelitian berikutnya juga menemukan bahwa 10 detik berpelukan membuat hormon dalam tubuh pria dan wanita berusia 20-49 meningkat drastis, terutama oxytocin.
Oxytocin sendiri dikeluarkan oleh tubuh selama masa persalinan dan ibu menyusui karena merangsang keluarnya ASI. Sampai saat ini, fungsi utama oxytocin yang ditemukan hanya itu.
Namun penelitian semakin berkembang pesat dan menunjukkan ada banyak efek samping dari oxytocin. Misalnya membunuh stres dan meningkatkan kepercayaan.
Lantas apa hubungan berpelukan dengan produksi oxytocin? Peneliti menjelaskan kulit manusia terdiri dari jaringan kecil yang memiliki indra perasa dan berhubungan dengan otak melalui saraf vagus. Saraf vagus juga terhubung ke sejumlah organ, termasuk jantung, dan reseptor oxytocin.
Salah satu teori pun menyebutkan bahwa rangsangan terhadap saraf vagus memicu produksi oxytocin yang bermanfaat bagi kesehatan. Jadi tunggu apa lagi, ayo peluk orang-orang tersayang di sekeliling Anda!

Editor: Mia Novilia
Sumber : 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.