Jokowi ambil gaji bulan pertama

Jumat, November 02, 2012 0 Comments

GEBRAKAN 100 HARI JOKOWI BASUKI #17



"Gaji ya diambil, tapi digunakan untuk apa, kamu enggak perlu tahu." 

Jokowi 

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengaku mengambil gaji pertama setelah menduduki kursi DKI 1. Meski demikian, dia menolak membeberkan tujuannya untuk mengambil penghasilannya itu.

"Gaji ya diambil, tapi digunakan untuk apa, kamu enggak perlu tahu," kata Jokowi di Wisma Catur KONI, Tanah Abang, Jakarta, Jumat (2/11).

Sebelumnya pada 9 Oktober 2012 lalu, Jokowi menyatakan tidak akan mengambil gajinya seperti saat masih menjadi wali kota Solo.

"Selama masih ada yang miskin, membutuhkan, ya biar dipakai yang membutuhkan," ujarnya kepada merdeka.com di markas pasangan Joko Widodo-Basuki T Purnama (Jokowi-Ahok), Jalan Borobudur no 22, Menteng Jakarta Pusat, Kamis (20/9) malam.

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut, Jokowi dengan tegas mengulangi pernyataannya bahwa tidak akan menerima gaji sebagai Gubernur DKI Jakarta. Namun, dia tidak mau keputusannya itu disalahartikan terkait kebiasaannya melakukan kegiatan sosial.

"Jangan dikait-kaitkan ke hal-hal yang pribadi. Ya itu tadi jawabannya itu," ucapnya.

Saat menjabat sebagai wali kota Solo, Jokowi tidak pernah menerima gaji dan tunjangannya. Hal tersebut seperti tertulis dalam buku Domu D Ambarita, salah satu tim penulis buku Jokowi, Spirit Bantaran Kali.

Dalam blog yang dimiliki wakilnya, www.Ahok.org, Ahok menulis gaji Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Gubernur Jakarta menerima gaji pokok sebesar Rp 3.000.000 per bulan, sedangkan Wakil Gubernur Jakarta sebesar Rp 2.400.000 per bulan.

Sedangkan untuk perinciannya sebagai berikut:
Gaji pokok gubernur Rp 3.000.000
Tunjangan jabatan gubernur Rp 5.400.000
Biaya rumah tangga/rumah dinas 30.000.000 jadi totalnya Rp 38.000.000

Gaji pokok wakil gubernur Rp 2.400.000
Tunjangan jabatan wakil gubernur Rp 4.300.000
Biaya rumah tangga/rumah dinas Rp 20.000.000 jadi totalnya Rp 26.700.000

Untuk biaya lain-lain (dana operasional) belum diketahui karena menunggu SK gubernur.




Editor: M. Amin
Sumber : 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.