7 Daerah Indonesia yang jadi tujuan turis Malaysia

Minggu, November 04, 2012 0 Comments

7 Daerah Indonesia yang jadi tujuan turis Malaysia
Hari kemerdekaan Malaysia. REUTERS/Bazuki Muhammad

"Wisman Malaysia meningkat tajam pada September 2012." 
- Suryamin
Daya tarik wisata Indonesia ternyata tak hanya diminati oleh turis Eropa, Jepang dan Cina.
Kendati Indonesia memiliki sentimen negatif dengan negara Malaysia, hal itu tak menyurutkan turis Malaysia untuk berkunjung ke Indonesia.
Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan ada lonjakan tajam untuk wisatawan mancanegara dari Malaysia untuk periode September lalu.
"Wisman Malaysia meningkat tajam pada September 2012," ujar Kepala BPS Suryamin Kamis (1/11) lalu.
Jumlah wisatawan mancanegara pada September lalu tercatat naik 5,16 persen menjadi 683.600 orang. Lalu, ke mana saja wisatawan Malaysia itu Pelesir di Indonesia?

1. Bandung

Daya tarik Bandung sebagai surga fesyen di Indonesia ternyata bergaung hingga Malaysia. Tak heran bila warga Malaysia berbondong-bondong datang ke Bandung buat berbelanja baju di Kota Kembang itu.
"Di kami Bandung sangat terkenal dengan tujuan wisata berbelanjanya," ujar Azlina, 42, warga Malaysia kepada merdeka.com, Minggu (4/11).
Peningkatan wisatawan asal negeri Jiran menuju Bandung didukung oleh jalur penerbangan yang langsung mengantarkan mereka dari Kuala Lumpur ke Bandung oleh maskapai AirAsia.
Menurut BPS Jawa Barat, tercatat wisatawan Malaysia menjadi yang terbanyak berkunjung ke Bandung. Februari lalu, wisatawan asal Malaysia sudah mencapai 8.901 orang.

2. Jawa Tengah dan Yogyakarta

Tak hanya Bandung, ternyata Jawa Tengah serta Yogyakarta juga menjadi tujuan wisatawan Malaysia. Dengan adanya penerbangan langsung dari Kuala Lumpur ke bandara Solo, Semarang dan Yogyakarta, turis asal Malaysia tersebut bisa leluasa berwisata di Jawa Tengah.
Menurut data BPS Jawa Tengah, wisatawan Malaysia mengambil porsi 35,5 persen dari total wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jawa Tengah Juni lalu.
Jawa Tengah dan Yogyakarta memang terkenal dengan beberapa ikon pariwisata seperti Kraton Yogya dan Solo. Sementara Semarang terkenal dengan bangunan-bangunan tua serta kuliner yang tak kalah dengan daerah lain.
Transportasi darat yang gampang diakses untuk beberapa kota besar di Jawa Tengah disinyalir mendukung banyaknya wisatawan yang datang ke daerah tersebut.

3. Makassar

Wisata di daerah Makassar ternyata juga diminati oleh turis Malaysia. Hal tersebut terlihat dari data BPS Makassar yang menunjukkan bahwa sebagian besar turis mancanegara yang datang ke Makassar adalah dari Malaysia.
Bahkan, dari total seribuan orang turis mancanegara yang datang ke Makassar Juli lalu, 508 di antaranya adalah Malaysia.
Wisata pantai Makassar ternyata masyur di negeri Jiran tersebut.

4. Surabaya

Jika sebagian besar TKI yang dikirim ke Malaysia berasal dari Jawa Timur, ternyata turis Malaysia tak kalah untuk melakukan kunjungan balasan ke Surabaya.
Hal itu ditunjukkan dengan dominasi turis asal Malaysia di Surabaya yang mempunyai porsi 20,23 persen.
Selain itu, orang Malaysia juga masih percaya bahwa mereka keturunan Wali Songo. Tak heran banyak wisatawan yang melakukan wisata religi dengan berkunjung ke makam para sunan.
Tak hanya itu, sdanya jemabatan Suramadu disinyalir menjadi pemicu banyaknya turis asal Malaysia tersebut. Selain berwisata, orang Malaysia juga melakukan bisnis di Surabaya.
Di sisi lain, faktor pendidikan juga menjadi pemicu kunjungan orang Malaysia ke Indonesia. Variasi jurusan medis yang terbatas di Malaysia membuat warga Negeri Jiran menuntut ilmu hingga Surabaya.

5. Jakarta

Jakarta yang terkenal dengan pusat bisnis pun menjadi daya tarik turis Malaysia. Hal itu juga didukung dengan adanya bandara internasional Sukarno-Hatta yang melayani beberapa destinasi penerbangan lanjutan ke seluruh Indonesia.
Selain itu, banyaknya pusat perbelanjaan di Jakarta juga menjadi daya tarik untuk turis Malaysia.
Momen-momen besar seperti Jakarta Great Sale selalu mendatangkan turis asing yang suka berbelanja barang bermerek dengan harga miring.

6. Bali

Ikon pariwisata Indonesia ini tak ketinggalan menjadi daftar kunjung wisatawan mancanegara Malaysia.
Bali yang terkenal dengan eksotismenya menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan Malaysia yang ingin menikmati keindahan pantai di Pulau Dewata tersebut.
Meskipun pemerintah Indonesia pernah melarang warganya untuk berwisata ke Bali, tampaknya peraturan itu tak digubris.
Dinas Pariwisata Bali mencatat sebanyak 121.548 turis Malaysia berkunjung ke Bali hingga September lalu. © 
Turis Malaysia menempati posisi kedua setelah Australia yang melakukan kunjungan ke Bali.

7. Lombok

Lombok adalah satu destinasi baru yang dibuka oleh maskapai Malaysia, AirAsia. Pembukaan destinasi Kuala Lumpur-Lombok © disinyalir akibat permintaan wisatawan Malaysia yang ingin mencari destinasi wisata lain selain Bali.
AirAsia membuka jalur ini pada 12 Oktober lalu. Dalam penerbangan perdananya, AirAsia mengajak beberapa wartawan asal Malaysia untuk merasakan wisata Lombok tersebut.
Pemerintah Nusa Tenggara Barat pun menyambut baik niatan AirAsia untuk membuka rute langsung tersebut untuk meningkatkan wisata NTB.

Editor: Evelyne Patricia
Sumber : 

                            


Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.