Ubah Kelemahan Bisnis Jadi Kelebihan yang "Menjual"

Senin, Oktober 29, 2012 0 Comments

Ilustrasi @2012 miratelinc.com


Sebuah hotel tanpa pendingin ruangan, kamar-kamar yang dipenuhi nyamuk, dan tanpa ruang layanan yang representatif mungkin bagi banyak orang terkesan seperti sebuah bisnis yang sedang dalam ambang kehancuran. Tak akan ada orang yang mau menginap di sana kecuali terpaksa dengan alasan tertentu.

Namun, jangan salah. Kita bisa mengubah hal-hal yang tidak menyenangkan tersebut menjadi suatu poin yang berdaya jual dan menarik lebih banyak orang mendatangi hotel Anda itu. 

Caranya? Anda misalnya bisa melabeli hotel tersebut menjadi sebuah hotel dengan aliran eco-tourism, yang di dalamnya tidak diperkenankan adanya pestisida atau bahan artifisial berbahaya dalam bentuk apapun. Dan lingkungan yang tidak bebas nyamuk itu pun akan menjadi sebuah kelebihan tersendiri bagi bisnis hotel Anda.

Banyak produk dan layanan yang sukses di pasar dahulunya adalah produk dan layanan yang kurang disukai. Tetapi setelah dilakukan penyesuaian, misalnya dalam hal gaya atau performa, dan menggantinya dengan aspek lain (misalnya kesederhanaan, keterjangkauan, atau kenyamanan), justru akhirnya ada banyak orang yang menyukai dan membelinya.

Nah, jika Anda merasa produk atau jasa Anda kurang menarik konsumen di pasar, pikirkan untuk mengubah kekurangan dan cacat tersebut menjadi fitur yang disukai dan menjadi unggulan bisnis Anda. Temukan orang-orang yang bersedia menghargai kelemahan itu sebagai sebuah kelebihan. 

Hotel penuh nyamuk tadi misalnya akan menjadi hotel yang digemari oleh para pecinta lingkungan, atau anak-anak muda yang menyukai alam bebas dan tarif menginap murah, alih-alih sebuah hotel eksklusif yang membuat mereka berpikir seribu kali untuk check in.




Editor: Yudi Dwi Ardian
Sumber :


Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.