Jokowi: Pasar Harus Seperti Hypermarket

Kamis, Oktober 25, 2012 0 Comments

Gebrakan 100 Hari Jokowi Basuki #9

Jokowi: Pasar Harus Seperti Hypermarket
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo berdialog dengan pedagang tradisional di Pasar Abdul Gani, Jalan Abdul Gani Galur, Jakarta Pusat, Rabu (24/10/2012). Kedatangan Jokowi untuk meninjau dan mendengarkan keluhan para pedagang yang berjualan di pasar tersebut. KOMPAS IMAGES/ANDREAN KRISTIANTO 

"Pasar itu sudah jadi makanan sehari-hari saya. Saya sudah minta PD Pasar Jaya presentasi. Intinya saya minta pasar tradisional harus bersih, tertata rapi, ada tempat parkirnya. Pokoknya harus seperti hypermarket lah."

[Jokowi]

Gubernur DKI Jakarta Jokowi menyatakan penataan pasar kumuh merupakan keahliannya selama menjabat Walikota Solo. Ia pun menginginkan pasar tradisional di Jakarta penataannya seperti hypermarket.

Jokowi menyatakan optimis dapat menyelesaikan penataan dan peremajaan 153 pasar tradisional dan 20 pasar lokasi binaan (lokbin) yang dimiliki Pemprov DKI dalam lima tahun kepemimpinannya. 

Menurutnya ia optimis mampu menyelesaikan peremajaan dan penataan pasar serta lokbin yang sudah tidak layak. "Pasar itu sudah jadi makanan sehari-hari saya. Saya sudah minta PD Pasar Jaya presentasi. Intinya saya minta pasar tradisional harus bersih, tertata rapi, ada tempat parkirnya. Pokoknya harus seperti hypermarket lah," papar Jokowi, Rabu (24/10/2012).

Jokowi mengungkapkan penataan dan peremajaan pasar tradisional beserta pasar lokbin berupa rehab ringan hingga rehab total akan mulai dilakukan tahun depan. Perencanaan penataan dan peremajaan pasar dan lokbin sudah ada hanya tinggal menunggu persetujuan dari DPRD DKI Jakarta.

"Saya mau lapak-lapak di lokbin harus gratis, pedagang hanya bayar retribusinya saja. Jangan sampai seperti di Pasar Senen, harus bayar Rp 115 juta per meter. Saya nggak setuju. Kasihan pedagang kecil," tuturnya.





Editor: M. Amin
Sumber :

Tribunnews.com

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.