Jokowi Dinilai Mampu Kembangkan Budaya Betawi

Kamis, Oktober 04, 2012 0 Comments

ilustrasi
"Selama ini perkembangan kebudayaan tidak ditentukan etnik pimpinan. Oleh karena itu, saya optimis walaupun Gubernur yang sekarang, pak Jokowi bukan orang Betawi, tetapi kami yakin beliau akan ikut mengembangkan budaya Betawi." 

Walaupun bukan orang asli Betawi, Gubernur DKI terpilih Joko Widodo (Jokowi) dinilai mampu mengembangkan kebudayaan Betawi yang ada di Jakarta.

Ketua Pranata Kebudayaan Betawi, Margani M Mustar, mengungkapkan penerapan kebudayaan Betawi sebenarnya baru mendapatkan pengakuan sejak tahun 1974. Saat itu, lanjutnyan di masa kepemimpinan Gubernur DKI Ali Sadikin, perkembangan dan dimensi kebudayaan Betawi mengalami perkembangan dan kemajuan secara signifikan.

"Selama ini perkembangan kebudayaan tidak ditentukan etnik pimpinan. Oleh karena itu, saya optimis walaupun Gubernur yang sekarang, pak Jokowi bukan orang Betawi, tetapi kami yakin beliau akan ikut mengembangkan budaya Betawi," ujar Margani, Kamis (4/10/2012) saat ditemui dalam sebuah acara di hotel Grand Cempaka.

Sebelumnya, pengurus Pranata Kebudayaan Betawi, Effendi Yusuf, pihaknya menyambut baik usaha dan pranata budaya Betawi yang diterapkan di Jakarta. Rumusan yang dibuat memungkinkan untuk mengembangkan budaya Betawi hingga semakin meluas.

"Budaya Betawi bukan hanya milik warga Jakarta, melainkan sudah menjadi bagian dari budaya lokal asli bangsa Indonesia. Kami harap kebudayaan dan tradisi orang Betawi ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat nasional," paparnya.







Sumber:
 Tribunnews
Editor: M. Amin

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.