Ferrari "cekcok" dengan India Terkait Bendera

Minggu, Oktober 28, 2012 0 Comments

Tim Formula One Ferarri (reuters)
"Saya tidak paham mengapa mereka (Ferrari) akan melakukan hal itu. Sangat aneh, sangat aneh... Itu bukan gaya yang anda akan harapkan dari Ferrari." 

Bernie Ecclestone

Ferrari mengatakan bahwa keputusan mereka untuk memasang bendera angkatan laut Italia di mobil-mobil mereka pada Grand Prix India akhir pekan ini tidak terkait dengan politik. Namun, India telah membawa masalah tersebut menjadi persoalan diplomatik.

Memanasnya kasus itu berawal ketika dua marinir angkatan laut Italia ditahan di India pada Maret menyusul terjadinya penembakan terhadap dua nelayan. Anggota militer Italia itu belakangan dibebaskan dengan jaminan.

Kedua anggota angkatan laut Italia itu salah menduga kedua nelayan itu sebagai bajak laut yang mencoba menyerang kapal tanker minyak yang dilindungi oleh para marinir.

Kedua marinir Italia itu, yang diminta tidak meninggalkan India, masih menunggu hasil persidangan kasus ini yang telah menimbulkan ketegangan di antara kedua negara.

"Dengan segala hormat kepada otoritas India, Ferrari ingin menjelaskan bahwa inisiatif ini tidak memiliki, atau semestinya tidak terlihat memiliki, keterlibatan politik apapun," demikian pernyataan tim ini.

Federasi Klub-klub Motor Sport di India (FMSCI), badan pemerintah untuk olahraga otomotif di negara tersebut, pada Sabtu mengatakan mereka tidak akan pernah membiarkan olahraga otomotif dipolitisasi dalam bentuk apapun.

Presiden FMCSI Vicky Chandhok juga mengatakan tim Italia tersebut telah menyampaikan bahwa inisiatif mereka semestinya tidak terlihat bermuatan politis.

"FMSCI ingin memelihara kode FIA pada olahraga ini yakni apolitis dan non religius, dan dan FMSCI tidak akan mengizinkan olahraga otomotif dipolitisasi dalam bentuk apapun," demikian pernyataan Chandok.

"FMSCI yakin bahwa membawa bendera angkatan laut nasional tidak akan memiliki dampak terhadap kasus yang tertunda di pengadilan-pengadilan India," tambah Chandok.

Pada Rabu, tim Italia itu mengatakan mobil-mobil mereka akan membawa bendera angkatan laut Italia sebagai "penghormatan terhadap salah satu entitas mengagumkan di negeri kami," sambil berharap solusi terhadap situasi yang ada dapat segera ditemukan. 

Keputusan tim itu mendapat sambutan hangat dari pemerintah Italia.

Namun kementerian luar negeri India merespon pada Jumat, dengan menyebut tindakan itu "tidak menjaga semangat olahraga."

Petinggi Formula 1 Bernie Ecclestone mengatakan olahraga ini "apolitis" dan panitia penyelenggara tidak perlu melakukan apapun terhadap hal itu.

"Saya tidak paham mengapa mereka (Ferrari) akan melakukan hal itu. Sangat aneh, sangat aneh... Itu bukan gaya yang anda akan harapkan dari Ferrari," kata Ecclestone kepada surat kabar Economics, pada komentar-komentarnya di malam sebelum balapan dilangsungkan.

Bendera angkatan laut Italia akan dipasang di hidung kedua mobil, di atas nomor start.






Editor: Sindy Maurina/Yudi Dwi Ardian     
Sumber :
                     

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.