Fadly Padi: Dari panggung ke aquaponik

Senin, Oktober 22, 2012 , 1 Comments


Fadly Padi: Dari panggung ke aquaponik
Inti go green itu seberapa banyak 

tanaman yang kamu tanam.
[Andi Fadly Arifuddin]
Boleh saja grup band Padi vakum hampir tiga tahun ini. Tapi, bukan berarti para personilnya “menganggur”. Sebaliknya, sang vokalis,Andi Fadly Arifuddin sedang asyik memasyarakatkan gerakan berkebun di halaman rumah.
Sekitar dua tahun terakhir, dia ingin berbagi hobi ini ke banyak orang agar mau berkebun di rumah sendiri dan menghijaukan lingkungan. Pemilik nama panggung Fadly ini menggelar eksperimen di halaman rumah “singgahnya” di daerah Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Di lahan seluas 120 meter persegi, ada ratusan jenis sayuran dan tanaman obat organik.
Selain itu, pria berusia 37 tahun ini membuat percontohan metode berkebun aquaponik. Caranya memanfaatkan air dari kolam ikan untuk tanaman, dan sebaliknya.
Pada ajang Social Media Festival 2012 akhir pekan lalu, Fadly mengajak orang untuk mempraktikkan teknik ini. Di acara ini, dia membuat mini aquaponik agar orang tahu teknik ini sebenarnya mudah dan murah sesuai prinsip go green: Reuse, Recycle, and Reduce. Yang terpenting, “Inti go green itu seberapa banyak tanaman yang kamu tanam,” kata Fadly.
Bergelut dengan tanaman adalah hobi lamanya. Dia memiliki usahanursery dan pembibitan rumput gajah mini di Makassar. Bahkan, dia mengembangkan “kebun” Bambu Sembilang seluas satu hektare.
Eh, jangan-jangan hobi ini berhubungan dengan nama band yang berbau tumbuhan? “Nama Padi itu usulan Yoyok yang waktu itu jualan beras,” kata bapak empat orang anak ini tertawa.


Editor: Evelyne Patricia
Sumber : 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.