5 Pasar yang bakal dipercantik Jokowi

Kamis, Oktober 25, 2012 0 Comments

Gebrakan 100 Hari Jokowi Basuki #10

5 Pasar yang bakal dipercantik Jokowi
Joko Widodo. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

"Pasar makanan sehari-hari saya, percaya saja semua beres. Kita ingin pasarnya tidak becek, tidak bau, tertata rapi, tapi dalamnya seperti minimarket atau supermarket."

[Joko Widodo]


Ucapan itu terlontar dari mulut Gubernur DKI Joko Widodo. Jokowi sapaan Joko Widodo begitu yakin mampu menyulap pasar tradisional, dan membuang jauh-jauh kesan kumuh, bauh dan becek.

Jika hanya omongan, mungkin itu terlalu berlebihan. Tetapi Jokowi langsung meninjau pasar-pasar itu sebelum melakukan perbaikan. Dalam sehari tercatat ada 5 pasar yang dikunjungi.

Kedatangan Jokowi ke pasar disambut hangat oleh para pedagang. Sebagian ada yang curhat dan meminta Jokowi lebih memperhatikan mereka. Sejumlah janji pun di umbar oleh Jokowi. Kini kita tinggal tunggu realisasi dari program kerja Jokowi. 

1. Pasar Senen

Pasar Senen menjadi yang pertama dikunjungi Jokowi kemarin. Sejumlah keluh kesah dan permintaan para pedagang disampaikan pada Jokowi. Jokowi pun berjanji akan melakukan renovasi tapi tetap memperhatikan para pedagang.

"Iya tentu, nanti saya akan panggil dulu dirutnya PD Pasar Jaya. Ini persoalan penting, pedagang itu nomor satu, bukan nomor dua atau nomor tiga," kata Jokowi.

Jokowi juga mengelus dada ketika mendengar sewa kios itu Rp 115 juta per-meter. Jokowi menilai harga itu terlalu mahal untuk pedagang.

"Mereka inginnya harga terjangkau. Jangan yang kecil-kecil tergusur. Pokoknya pedagang lama masuk semua, kalau perlu digratisin semua. Tapi saya hitung-hitung dulu," tandasnya.

2. Pasar Beras Cipinang

Kedatatangan Jokowi ke Pasar beras Cipinang, Jakarta Timur, begitu dielu-elukan oleh para pedagang. Selama kurang lebih 20 menit Jokowi berkeliling. Dia pun menyempatkan diri mendengar keluh kesah pedagang di depan sebuah ruko.

Umumnya para pedagang meminta jaminan dari Jokowi agar tidak digusur. Pedagang juga minta aspal di pasar dibuat lebih kuat. Sebab, hampir 15 tahun pasar tersebut tidak pernah diperbaiki.

Mendengar keluhan pedagang, Jokowi berjanji akan mempelajari dan cari solusi masalah tersebut.
"Masalah tempat biasa jadi problem. Keluhan pedagang masih kita tampung nanti kita bicarakan dan tentukan keputusannya seperti apa," kata Jokowi.

Jokowi berjanji akan bertemu dengan pihak terkait membicarakan masalah ini. Soal waktunya, Jokowi akan segera mengagendakan. "Manajemen internal harus dibicarakan," tandasnya.

3. Pasar Bedeng

Gubernur DKI Joko Widodo melakukan inspeksi ke Pasar Bedeng, Cempaka Sari, Jakarta Pusat. Setibanya di lokasi, Jokowi langsung menemui Kepala Pasar H Eko. Mereka kemudian berbicara dengan duduk di tangga pasar.

"Apa yang mau diperbaiki (pada pasar ini)?" tanya Jokowi.

Menurut Jokowi, Pasar Bedeng merupakan salah satu pasar binaan Pemprov DKI. Anggaran untuk pasar binaan telah disiapkan oleh Pemprov DKI.

4. Pasar Gembrong

Pasar Gembrong, Jakarta Pusat tidak luput dari perhatian Jokowi. Sejumlah keluh kesah mulai dari atap pasar yang kerap bocor dan tidak adanya saluran air disampaikan pedagang.

Jokowi berjanji akan memperbaiki kondisi Pasar Gembrong tahun 2013. "Pasar Gembrong rencananya Januari atau Februari tahun depan. Nanti pedagang tidak dibebani biaya apapun, cuma bayar retribusi," kata Jokowi.

Saat berada di Pasar Gembrong, Jokowi memperhatikan kondisi lantai yang masih tanah. Menurutnya, kondisi di pasar itu lebih parah ketimbang kondisi Pasar Bedeng.

"Ini kan lantainya seperti ini, nanti diberi ubin," katanya.

5. Pasar Galur

Di Pasar Galur, Jakarta Pusat, Jokowi menyempatkan diri untuk berdialog dengan para pedagang. Sambil duduk di tempat salah satu penjual sayuran, Jokowi menanyakan apa yang diinginkan para pedagang.

Pertanyaan ini langsung disambut serentak oleh pedagang yang menolak adanya relokasi. Kekhawatiran ini rasanya tak berlebihan karena pedagang takut dengan harga sewa kios yang mahal.

Namun, Jokowi menegaskan sepeser pun pedagang tak akan dipungut biaya. "Gratis, gratis," kata Jokowi. Mendengar itu para pedagang langsung bersorak 'Hore'.


Editor: M. Amin
Sumber : 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.