Wuih, Foke Ingkari Dirinya Orang Jawa

Senin, September 17, 2012 , 0 Comments


Ilustrasi (Foto: facebook.com/GUBERNURBARU)
Penulis terkejut tak alang kepalang membaca berita Foke tak mengakui dirinya sebagai orang Jawa dalam debat Pilkada Jakarta di Metro TV, Minggu (16/9/2012). Politisi kebanyakan berusaha memperluas afiliasi kedaerahan dan kultural, Foke malah sebaliknya.

“Itu bukan yang saya tanyakan, pak Jokowi. Saya bukan orang Jawa. Tapi saya tahu orang Jawa itu peka masalah roso,” ujar Foke sengit pada Jokowi. Pernyataan ini menyusul pertanyaan Foke pada Jokowi tentang, konflik batin bagaimana yang dirasakan Jokowi saat memutuskan mencalonkan diri sebagai calon gubernur DKI Jakarta, sementara pada saat yang sama masih menjabat walikota di Solo.

Penulis tidak tertarik dengan substansi pertanyaan konyol Foke—konflik batin saja ditanyakan. Penulis justru tertarik dengan ujaran Foke yang mengingkari asal-usulnya. Bagaimana mungkin Foke mengingkari bapaknya, Djohari Bowo, yang asal Yogyakarta?

Sebagaimana diketahui, Fauzi Bowo alias Foke adalah anak dari bapak Djohari Bowo (orang Jawa) asal Yogyakarta dan ibu Nuraini binti Abdul Manaf (orang Betawi) asal Jakarta. Secara parental, Foke merupakan pria berdarah Jawa-Betawi. Dan, secara patrilineal-genealogis, Foke adalah orang Jawa tulen! Benih manusia berasal dari bapak, jangan lupa itu.

Nah, menjadi pertanyaan lanjutan, mengapa Foke terkesan begitu “anti” dengan Jawa? Apa Foke seorang penganut fanatik politik chauvinisme? Wallahu ‘alam.













Penulis: Sutomo Paguci
Sumber: Kompasiana

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.