Grup Facebook “Dukung Jokowi-Ahok” Tembus 100 Ribu Anggota

Minggu, September 02, 2012 , 0 Comments

Foto timeline grup | Facebook
Pendukung jejaring sosial Facebooker (FB) kandidat Pilgub DKI Jokowi-Basuki hingga Minggu (2/9, pkl 23:55) akhirnya menembus 100 ribu akun, tepatnya 101.024 anggota. Jumlah ini melampaui target atau ekspektasi, karena perkiraan sementara pengguna, hingga tanggal 19 September atau sehari sebelum hari H (20/9), hanya mendekati angka 100 ribu saja.

Dengan sisa waktu hampir tiga pekan, jumlah warga DKI yang memiliki akun FB akan dimasukkan, agar aktif mengikuti instruksi-instruksi Tim Sukses Pilgub DKI putaran kedua.

Dengan label “Dukung JOKOWI-AHOK untuk Gubernur DKI”, grup FB tersebut menjadi media komunikasi paling aktif antar dan inter pendukung pasangan Jokowi-Basuki (Aok), yang perolehan suara Pilkada putaran pertama di antara enam pasangan, dengan merebut 42,8% suara itu. Akun ini juga diakui menjadi saring berita-berita bias yang menyerang kandidat.

Media FB, Revolusi ala Jejaring Sosial
“Betapa pun FB bukan ukuran mutlak,” demikian komentar seorang anggota, “tetapi dalam realitas sosialnya, telah menjadi pilar propaganda program dan introduksi figur secara lebih efektif kepada konstituen. Bahkan, jejaring sosial FB telah menangkal segala bentuk “ smear campaign” atau kampanye hitam pihak lain, terhadap figur”, demikian tuturnya. “Grup ini digunakan secara  efektif dan terarah.”

Selain Grup tersebut, sejumlah jejaring Relawan di FB dan media sosial internet lainnya, telah Jokowi Basuki untuk Jakarta Baru, menjadi dapur utama dan media formal Tim Sukses. Karena itu, komunikasi politik positif dan efektif berlangsung dari pelbagai arah.

Kesadaran akan figur Jokowi-Basuki dan strategi sosialisasi Tim Sukses, para anggota FB menggunakan sarana komunikasi sosial tersebut sebagai produk media moderen yang efektif dan efisien dalam partisipasi komunikasi politik-sosial.

Yang tak kalah menariknya anggota grup tersebut tidak hanya para pendukung Jokowi-Basuki saja, tetapi para pendukung Foke-Nara pun diijinkan untuk bergabung agar diskusi menjadi lebih menarik dan para pendukung dapat mengomentarinya tanpa menjatuhkan pihak lawan.













Penulis: Berthy B Rahawarin
Sumber: Kompasiana


Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.