Giliran Foke Dilaporkan ke Panwaslu

Rabu, September 05, 2012 0 Comments

Warga melintas di depan sebuah spanduk dukungan salah satu calon Gubernur DKI Jakarta yang terpasang di Kawasan Kamal Muara, Jakarta Utara, Senin (27/8). TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat
Spanduk-spanduk tersebut akan menggiring masyarakat memilih nomor urut 1 (Fauzi-Nachrowi).

Tim Advokasi Jakarta Baru, yang mendukung calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, melaporkan calon Gubernur DKI Fauzi Bowo alias Foke dan tim suksesnya ke Panitia Pengawas Pemilu DKI Jakarta, Rabu, 5 September 2012. Fauzi diadukan terkait dugaan kampanye di luar jadwal dan penggunaan anggaran pemerintah DKI untuk kampanye.

Mereka mempertanyakan spanduk-spanduk bergambar Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli di beberapa titik-titik di Jakarta, seperti depan kantor Kepolisian Sektor Menteng dan Stasiun Cikini. "Spanduk-spanduk tersebut akan menggiring masyarakat memilih nomor urut 1 (Fauzi-Nachrowi) ," kata Koordinator Tim Advokasi Jakarta Baru, Habiburokhman, di Panwaslu, Rabu, 5 September 2012. 

Habiburokhman membantah pelaporan tersebut merupakan serangan balasan atas laporan tim sukses Fauzi terkait iklan Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia yang menampilkan Prabowo Subianto, Joko Widodo, dan Basuki Tjahaja Purnawa, calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dari PDI Perjuangan dan Gerindra. 

Sebelumnya, tim sukses Fauzi melaporkan iklan Prabowo yang tampil di televisi pada 27 Agustus 2012 lalu ke Panwaslu. Iklan itu dituding sebagai bentuk kampanye di luar jadwal. "Kami perlu tegaskan, ini bukan serangan balasan. Akan menjadi sangat tidak adil jika ada pihak yang sudah mulai berkampanye, sedangkan pihak lain harus menunggu jadwal," katanya. 

Selain melaporkan spanduk Fauzi, tim ini juga menuding Fauzi menggunakan anggaran dan fasilitas pemerintah untuk berkampanye. Indikasinya, kata dia, terlihat dari adanya logo Pemerintah Daerah DKI di spanduk undangan terbuka di kawasan Kelapa Gading. “Dengan foto Fauzi dan Nacrowi sebagai latar," ujarnya. Ia pun mengkhawatirkan pertemuan itu mengarah pada kampanye. "Mengingat lokasi dilakukan di lapangan terbuka."

Panwaslu akan mempelajari laporan tersebut. "Kami lihat dan pelajari dahulu kasusnya,” kata Ketua Panwaslu, Ramdansyah.








Editor: Yudi Dwi Ardian
Sumber: Tempo


Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.