India Bagi Ponsel Gratis untuk Rakyat Miskin

Sabtu, Agustus 11, 2012 0 Comments


Warga India berbincang melalui ponsel | Reuters

Gunanya untuk pendataan dengan data biometric.



Pemerintah India berencana memberikan ponsel gratis kepada 200 juta warganya yang berada di garis kemiskinan untuk meningkatkan aksesibilitas kepada layanan perbankan dan laman informasi.

Penasihat Senior Perdana Menteri India, Dr Montek Singh Ahluwalia, menjelaskan ide ini bertujuan mengentaskan kemiskinan yang membalut masyarakat miskin di India. Pemerintah India percaya dengan mempermudah akses informasi kepada masyarakat miskin, akan membantu meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat miskin.

"Kami juga percaya dengan peningkatan akses informasi masyarakat miskin maka dapat melindungi mereka dari korupsi yang dilakukan oleh pegawai negeri sipil (PNS)," katanya seperti dilansir Telegraph, Jumat 10 Agustus 2012.

Kementerian Telekomunikasi India menyatakan rencana ini hanya akan menghabiskan investasi di bawah miliaran rupee dengan target enam juta orang warga di bawah garis kemiskinan, di mana pendapatan mereka hanya 5.450 rupee atau sekitar Rp936 ribu per bulan.

Ide pemerintah India ini sebenarnya bukan ide baru dan pemerintah India mengakui ide ini mencontek M-Pesa Mobile Phone Banking System yang sukses diterapkan di Kenya. M-PESA berhasil meningkatkan taraf hidup masyarakat Kenya dengan memperluas akses perbankan dengan cukup mengirimkan pesan singkat.

Dengan konsep Mobile in Every Hand, pemerintah India akan mendata ulang masyarakat miskin yang kebanyakan tidak mempunyai kartu identitas. Pendataan ini akan mengambil setiap detil biometric dan nomor jaringan pengaman untuk membantu mereka mengakses layanan pemerintah.

Di India sendiri dalam 10 tahun terakhir terjadi revolusi ponsel saat ponsel-ponsel murah asal China merajai penjualan di India. Ditambah layanan paket-paket murah yang disediakan operator membuat banyak orang miskin di India terdorong untuk memiliki ponsel.













Redaktur: Sindy Maurina
Sumber: Vivanews.co.id

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.