Banyak Wartawan Digaji di Bawah Standar Layak

Rabu, Agustus 08, 2012 0 Comments

Krtu pers | Davinanews
Para jurnalis bekerja tanpa perlindungan profesi dari perusahaan media.

Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Eko Maryadi, mengatakan, masih banyak wartawan yang digaji di bawah standar upah layak, bekerja tanpa pendidikan dan pelatihan serta tanpa asuransi kesehatan.

Di sisi lain, bisnis media massa tumbuh subur oleh pebisnis yang paham tentang standar penggajian pekerja intelektual; wartawan termasuk pekerja intelektual.

"Bahkan di tengah ancaman kekerasan yang marak, para jurnalis bekerja tanpa perlindungan profesi dari perusahaan media," kata Maryadi, dalam sambutannya pada Malam Resepsi Ulang Tahun ke-18 AJI, di Galeri Nasional, Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan kemajuan teknologi media yang semakin konvergen juga membuat wartawan tergagap-gagap. Wartawan dituntut tidak hanya bekerja untuk satu media, tetapi menjadi wartawan multimedia, multifungsi dan multitalenta. Ironisnya, wartawan diupah sangat rendah.

"Kita lihat inilah model jurnalisme three in one, kerja tiga tetapi dibayar satu. Persaingan media membuat wartawan tak punya waktu berorganisasi atau membangun serikat kerja," katanya.

Hal itu, kata Eko, sangat kontras dengan masih banyaknya wartawan yang mengabaikan Kode Etik Jurnalistik dan Standar Perilaku Pernyiaran. Menurut dia, wartawan sibuk memburu suap atau menjadi agen penyebar kebencian pihak tertentu.

Karena itu, AJI mendorong wartawan Indonesia untuk aktif dalam membentuk serikat pekerja dan menuntut pemberian gaji yang layak. Sebelumnya, AJI juga sudah memelopori gerakan wartawan antisuap dengan tidak bersedia menerima uang dan amplop.

AJI juga sedang mengagas sebuah sekolah jurnalisme yang akan meningkatkan kemampuan dan kompetensi anggotanya supaya bisa menjadi wartawan yang kompeten dan bersih dari segala macam suap. 


Redaktur: Gurun Ismalia
Sumber: Antara

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.