Korupsi Al-Quran, Kader Golkar Diduga Terima Suap Rp 4 M

Senin, Juli 02, 2012 0 Comments



Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Johan Budi SP.
Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Johan Budi SP. (sumber: Antarafoto)
Dia mengarahkan anggaran lab untuk Tsnawiyah dan Al-Quran dan diduga menerima sekitar Rp 4 miliar.

Zulkarnaen Djabar dan Dendi Prasetya diduga menerima suap Rp 4 miliar untuk mengarahkan agar anggaran dua proyek, pengadaan  Al Quran tahun 2011-2012 di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembinaan  Masyarakat Islam dan pengadaan laboratorium komputer Madrasah Tsanawiyah  (MTS) di Ditjen Pendidikan Islam di Kementerian Agama. Hal itu dikatakan oleh Juru Bicara KPK Johan Budi SP di kantor KPK, Senin (2/7). 

"Dia mengarahkan anggaran lab untuk Tsnawiyah dan Al-Quran dan diduga menerima sekitar Rp 4 miliar," kata Johan. 

Menurut Johan,  pihak yang menyuap dua tersangka tersebut adalah swasta. 

"Pemberinya diduga dari pihak swasta tapi masih ditelusuri lebih jauh," kata Johan. 

Johan  mengatakan untuk dua pengadaan ini, anggaran yang disetujui DPR  Rp 51 miliar. Jumlah tersebut terdiri Rp 31 miliar  untuk pengadaan Al-Quran tahun 2011-2012, dan Rp 20 miliar untuk  pengadaan laboratorium madrasah Tsanawiyah.

Jumat (29/6)  pekan lalu, KPK mengumumkan penetapan tersangka Zulkarnaen dan Dendi.  Keduanya diduga telah menerima hadiah atau janji terkait pengurusan  anggaran pengadaan barang dan jasa di Kementerian Agama. 

Zulkarnaen Djabar  merupakan anggota Komisi VIII DPR sekaligus anggota Badan Anggaran DPR serta kader Partai Golkar. Dendi Prasetya merupakan  Direktur Utama PT KSAI, rekanan Kementerian  Agama dalam dua proyek tersebut.

KPK menyangkakan keduanya  dengan pasal 5 ayat 2 dan atau pasal 12 huruf a atau b dan atau pasal 11  Undang-Undang No.31/1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo  pasal 55 ayat 1 kesatu KUHP. 

Zulkarnaen diduga telah mengarahkan oknum di Direktorat Jenderan Pembinaan Masyarakat Islam  (Ditjen Bimas Islam) Kemenag untuk memenangkan PT Adhi Aksara Abadi  Indonesia (AAAI) dalam proyek pengadaan Al-Quran. 

ZD memerintahkan  oknum Ditjen Pendidikan Islam untuk mengamankan proyek laboratorium MTS  dan sistem komputer agar memenangkan perusahaan PT BKM. 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.