Kegiatan CSR Diminta Prioritaskan Korban Bencana

Jumat, Juli 06, 2012 0 Comments



Pemeriksaan Kesehatan Warga Desa Cicau oleh Tim Dokter
Pemeriksaan Kesehatan Warga Desa Cicau oleh Tim Dokter (sumber: Lippo Cikarang)
Belum semua perusahaan sadar mengelola CSR untuk penanggulangan bencana.

Badan Nasonal Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta kalangan usaha melakukan Corporate Social Responsibility (CSR) diwujudkan dalam bentuk bantuan yang dapat dirasakan efeknya tidak hanya pada saat tanggap bencana. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Kehumasan BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam dialog publik HIPMI mengenai penanggulangan bencana di Jakarta, Kamis (5/7).

Menurut Sapto selama ini, dunia usaha memang sudah banyak yang memiliki kesadaran tinggi dengan menganggarkan dana-dana CSR. 

Sebagian dana tersebut terkadang disalurkan saat terjadinya bencana alam.

Namun menurutnya, terkadang bantuan yang diberikan hanya bersifat sementara sesaat setelah terjadinya bencana, dan lebih banyak yang memberikan bantuan yang sifatnya sementara.

"Padahal banyak bantuan yang dapat diberikan dalam bentuk lain dan bersifat panjang," katanya.

Menurut Sutopo, mengambil kasus terjadinya erupsi Gunung Merapi di Yogyakarta, banyak perusahaan yang langsung memberikan bantuan pascakejadian tersebut.

Namun, dalam jangka menangah dan panjang bantuan sudah tidak ada, padahal para pengungsi masih membutuhkan bantuan.

Salah satu wujud bantuan yang dapat dibaerikan adalah pembangunan hunian sementara yang dapat ditinggali hingga tiga tahun dengan alokasi biaya setiap rumah hanya mencapai Rp7-Rp8 juta.

"Dengan begitu para penghuni dapat merasakan bantuan itu dalam waktu yang cukup panjang," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Plt Ketua Umum HIPMI Bayu Priawan Djokosoetono menyambut baik usulan dari BNPB tersebut.

"Itu menjadi usulan yang sangat bagus, karena saat ini kesadaran dunia usaha dalam menganggarkan dana-dana CSR sangat besar dan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," imbuhnya.
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.