Gangguan Tidur Bisa Jadi Terkait dengan Parkinson

Kamis, Juli 05, 2012 0 Comments



Waspadai gangguan tidur karena biasanya berhubungan dengan parkinson
Waspadai gangguan tidur karena biasanya berhubungan dengan parkinson (sumber: ehow)
Gangguan yang dialami saat tidur biasa terjadi para lelaki berusia lanjut.

Jika seseorang menendang dan memukul Anda ketika ia sedang tidur, bisa jadi karena ia memiliki gangguan ketika tidur yang disebut dengan REM atau RBD, suatu penyakit tidur yang sangat langka yang hanya dimiliki oleh 0,5% penduduk dewasa di dunia.

Para peneliti telah menemukan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya RDB, yang dipercaya juga menjadi pertanda terjadinya penyakit neurodegenerativeseperti Parkinson. Lebih dari separuh orang dengan penyakit RDB juga memiliki penyakit neurodegenerative, menurut American Academy of Neurology.

Ketika orang tanpa penyakit ini sedang dalam keadaan tidur REM (waktu singkat ketika Anda sedang bermimpi), otot mereka biasanya dalam keadaan lumpuh atau tidak dapat melakukan apa-apa (atonia). 

Sementara itu, orang yang mengidap RBD dapat menggerakkan tubuh mereka ketika bermimpi, dan mereka dapat berperilaku seperti apa yang ada di dalam mimpi tersebut. Orang yang mengidap RBD dapat membahayakan orang lain yang tidur di sebelahnya.

Penelitian terbaru menemukan beberapa penyebab terjadinya penyakit ini, terutama yang disebabkan oleh lingkungan, antara lain karena merokok, cedera di kepala, terkena pestisida, pendidikan yang rendah, dan karena bertani.

“Sampai sekarang kita belum mengetahui penyebab pasti terjadinya penyakit ini. Yang pasti, penyakit ini biasanya terjadi pada laki-laki yang sudah berusia lanjut,” ujar Dr. Ronald B. Postuma dari McGill University Health Centre di Montreal. “Kami ingin menyelidiki apakah penyebab terjadinya penyakit ini juga sama dengan penyebab terjadinya Parkinson,” lanjutnya.

Kelainan ketika tidur memengaruhi jutaan orang di Amerika Serikat. National Institutes of Health memperkirakan 25% sampai 30% dewasa, remaja, dan anak-anak mengidap kelainan ini yang telah terbukti dapat menyebabkan cacat, sakit, bahkan kematian.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.