Faisal-Biem: Kota Beradab jika Hormati Perempuan

Rabu, Juli 04, 2012 0 Comments



Cagub/Cawagub DKI Jakarta Faisal Basri (tengah) dan Biem Benyamin (kedua kiri) memberikan paparan ke pendukungnya saat dialog dengan tema Perempuan Jakarta Mencari Gubernur di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (3/7).
Cagub/Cawagub DKI Jakarta Faisal Basri (tengah) dan Biem Benyamin (kedua kiri) memberikan paparan ke pendukungnya saat dialog dengan tema Perempuan Jakarta Mencari Gubernur di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (3/7). (sumber: Antara)
Transportasi di DKI Jakarta tidak memihak ke kaum perempuan.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dari jalur independen Faisal Basri dan Biem Benjamin sepakat untuk menyediakan transportasi yang aman, nyaman dan beradab bagi perempuan. 

"Selama ini transportasi DKI memang sangat buruk dan tidak memihak perempuan, misalnya ada kereta khusus wanita atau area khusus wanita di dalam bus transjakarta," kata Faisal Basri sebelum membuka acara Anugerah Berdaya Bareng Bareng yang digelar di Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta, Selasa (3/7) malam. 

Berdasarkan pertemuan sebelumnya dengan sejumlah komunitas perempuan Jakarta, Faisal berkesimpulan bahwa hak dasar perempuan harus dihormati, sejalan dengan upaya untuk membangun peradaban di kota.
 
"Pada hakikatnya kota itu adalah wujud dari sebuah peradaban, sehingga kalau kita mau membangun kota yang beradab, harus terlebih dahulu menghormati perempuan," kata cagub bernomor urut lima itu. 

Menurut Faisal, dirinya tidak setuju dengan pengkhususan transportasi yang saat ini dialami kaum perempuan. 

"Sama saja itu memarjinalkan kaum perempuan, saya tidak setuju itu, malah membatasi pergerakan mereka karena harus lari mengejar gerbong khusus tersebut, sama juga halnya dengan area khusus wanita di bus yang lama sekali waktu tunggunya," kata Faisal. 

Faisal mengatakan solusi terbaik untuk menyediakan transportasi yang aman, nyaman dan beradab itu adalah penambahan frekuensi dan jumlah armada bus guna menunjang mobilitas seluruh warga Jakarta.

"Di Dubai saja tidak ada pemisahan gerbong untuk perempuan atau laki-laki, malah menyusahkan perempuan itu sendiri jadinya, percaya deh sama saya," kata dosen FE Universitas Indonesia itu. 

Malam pemberian Anugerah Berdaya Bareng-Bareng itu dihadiri 45 nominator dari berbagai kalangan dan komunitas serta sejumlah relawan dan simpatisan Faisal-Biem, yang juga diawali dengan nonton bareng film Kita vs Korupsi guna menegaskan dukungan terhadap gerakan antikorupsi.  

Sebelum menghadiri pemberian Anugerah Berdaya Bareng Bareng kepada lima orang tokoh yang dianggap berjasa dalam pemberdayaan masyarakat Jakarta itu, Faisal-Biem juga hadir dalam sebuah acara debat di Balai Kartini Jakarta. 

Acara yang bertema Perempuan Jakarte Nyari Gubernur tersebut diselenggarakan bertepatan dengan masa kampanye Pemilu Kada DKI Jakarta Periode 2012-2017 oleh tiga organisasi perempuan, antara lain Women's Forum for Excellence, Female Circle, dan Kowani. 

Masa kampanye Pemilu Kada DKI Jakarta 2012 akan berlangsung hingga 7 Juli mendatang, sebelum enam pasang calon gubernur dan wakil gubernur bertarung dalam pemungutan suara yang dijadwalkan pada 11 Juli mendatang. 

Sumber:Antara

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.