Del Bosque Samai Rekor Schon

Senin, Juli 02, 2012 0 Comments



Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque.
Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque. (sumber: EPA)
Pelatih Spanyol Vicente del Bosque menjadi pelatih kedua yang berhasil membawa timnya meraih gelar juara Piala Eropa dan Piala Dunia.

Kemenangan atas Italia di final Euro 2012 mencatatkan sejarah tersendiri bagi Del Bosque.

Sebelum partai puncak pada Minggu (1/6), satu-satunya pelatih yang berhasil merengkuh trofi Henri Delaunay (Piala Eropa) serta Piala Dunia adalah Helmut Schon. Ia berhasil membawa Jerman Barat menjadi kampiun Eropa 1972 dan juara Piala Dunia 1974. 

Hanya tendangan penalti dari Antonin Panenka bagi Rep.Ceko yang mengagalkan Panenka meraih Piala Eropa pada 1976 silam. Padahal ketika itu Jerman yang diperkuat Franz Beckenbauer, Sepp Maier dan Paul Breitner nyaris kembali menjadi yang terbaik di Eropa.

Spanyol kini berhasil meraih catatan yang sama berkat tangan dingin Del Bosque. Sejak mengambilalih dari Luis Aragones setelah Piala Eropa 2008, keberhasilan di Euro 2012 ini membuatnya menyamai prestasi Schon.

Del Bosque sukses membawa Spanyol menjadi juara dunia - satu-satunya gelar Spanyol di Piala Dunia, dua tahun lalu di Piala Dunia Afrika Selatan. Menundukkan Belanda di final membuat Del Bosque menjadi pelatih tertua yang berhasil memenangkan gelar Piala Dunia.

Kini setelah membawa Spanyol tak terkalahkan di 20 laga kompetitif, Del Bosque sukses mempersembahkan sekaligus mempertahankan trofi Piala Eropa.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.