1,3 Persen Penduduk Bali Pecandu Narkoba

Senin, Juli 02, 2012 0 Comments



Ilustrasi orang kecanduan narkoba.
Ilustrasi orang kecanduan narkoba. (sumber: Designpics/Visualphotos)
"Sebagian besar dari para pengguna narkoba berusia di bawah 20 tahun atau usia produktif."

Peace Generation Bali, komunitas peduli narkoba di Pulau Dewata, memperkirakan 1,3 persen dari jumlah penduduk di provinsi itu merupakan pecandu barang haram tersebut.

"Sebagian besar dari para pengguna narkoba berusia di bawah 20 tahun atau usia produktif," kata Komsa Nursalam dari Peace Generation Bali, di Denpasar, Senin (2/7).

Dia mengatakan, bahkan ada di antara mereka merupakan pelajar yang merupakan harapan bagi bangsa ini.

Menurut Komsa, kondisi tersebut cukup mengkhawatirkan oleh karena itu perlu banyak dilakukan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkotika di kalangan generasi muda, khususnya pelajar.

"Oleh karena itu kami selalu berusaha memberikan pengetahuan mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba. Bagi yang sudah terlanjur, kami sarankan untuk mengikuti rehabilitasi," ujarnya.

Dia menjelaskan, bagi para korban barang haram itu diimbau untuk melaporkan diri ke tempat-tempat yang sudah ditentukan sebagai tempat melapor, seperti di puskesmas Kuta Utara dan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah.

Komsa berharap para pecandu melaporkan diri ke puskesmas dan rumah sakit yang ditunjuk agar mendapatkan kartu wajib lapor.

Sebab, lanjut dia, dengan mengantongi kartu wajib lapor, yang bersangkutan tidak sampai ditangkap personel polisi, asalkan tidak mengedarkan narkoba.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.