Penjualan Rumah Subsidi Ditaksir 7.000 Unit

Selasa, Juni 26, 2012 0 Comments



Ilustrasi pembangunan perumahan di Jakarta. FOTO : ANTARA
Ilustrasi pembangunan perumahan di Jakarta. FOTO : ANTARA
Penjualan rumah komersial masih tumbuh. Kalau penjualan rumah subsidi  masih terkendala batasan tipe minimal 36 meter persegi
 

Penjualan rumah bersubsidi menggunakan program fasilitas likuiditas  pembiayaan perumahan (FLPP) ditaksir baru mencapai 7.000-an unit. Jumlah tersebut masih sangat kecil dibandingkan dengan target pemerintah sebanyak 240.000 unit pada tahun ini.

"Penjualan rumah komersial masih tumbuh. Kalau penjualan rumah subsidi masih terkendala batasan tipe minimal 36 meter persegi," ujar Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi)  Eddy Ganefo saat dihubungi, hari ini.

Dia memperkirakan, realisasi penjualan rumah subsidi sebesar 7.000 unit hingga enam bulan pertama tahun 2012. Jumlah ini sudah meningkat setelah pemerintah menyesuaikan harga rumah bersubsidi dengan tipe 36 meter  persegi melalui Peraturan Menteri Perumahan Rakyat (Permenpera) No 07 dan 08 Tahun 2012.

"Namun pasokan rumah subsidi masih banyak di bawah tipe 36 meter persegi yang tidak dapat disubsidi. Karena itu, kami masih tunggu hasil uji  materiil pasal 22 ayat 3 UU No 1/2011 dari Mahkamah Konstitusi," jelas  Eddy.

Banyak rumah di bawah tipe 36 meter persegi, paparnya, yang dijual secara komersial dengan bunga 8,5 persen, di atas FLPP yang 7,25 persen, selama dua tahun. Ini dilakukan pengembang agar penjualan rumah tipe kecil dapat  diserahterimakan kepada konsumen.

“Sampai saat ini ada sekitar 20.000-an  yang telah akad kredit dari 43.000 unit yang tersendat,” terang Eddy.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.