Memaknai Kepahlawanan di Film Jendral Kancil

Kamis, Juni 28, 2012 0 Comments



Film Jendral Kancil
Film Jendral Kancil (sumber: Istimewa)
Menggunakan narasi dan dialog yang lekat dengan keseharian anak-anak.

SD Lentera Hati di hebohkan dengan sebuah gerakan gerilya yang dipimpin Guntur (Adam Xavier) untuk melakukan misi penyerbuan ke sarang preman (Peppy, Jimmy 'Upstairs', Malauw).

Para preman itu cukup terkenal di kalangan siswa SD Lentera Hati karena kerap mengompas anak-anak tersebut.

Guntur mengumpulkan para teman-temannya untuk melakukan misi tersebut. Dengan kecerdikan strateginya, Guntur dan teman-temannya itu berhasil menumpas, bahkan membuat para preman tersebut insyaf dan meminta maaf kepada para siswa Sekolah Dasar tersebut.

Semenjak kejadian tersebut, nama Guntur selalu dielu-elukan dan menjadi idola baru di kalangan siswa dan siswi Lentera Hati. Guntur kemudian dijuluki Jendral Kancil atas kecerdikannya di misi penyerbuan sarang preman.

Dianggap pahlawan oleh teman-temannya, Guntur justru ditegur secara keras dan dianggap telah melakukan kegiatan anarkis, yang kemudian berujung pada skors yang diberikan oleh dewan guru.

Belum selesai masalah misi penyerangan sarang preman, Rogus (Qaidi Rozan) salah seorang teman sekelas Guntur membuat rencana untuk menjebak sang Jendral dan berusaha mencoreng namanya atas dasar iri hati, terlebih lagi saat kemunculan siswi baru bernama Ratu Pelangi, seorang bintang cantik, pintar dan berbakat yang dekat dengan Guntur.

Ditengah konflik internal tersebut, para penghuni SD Lentera Hati harus menghadapi ancaman mafia Italia yang hendak menguasai sekolah tersebut karena diketahui terdapat harta karun dibawah tanah.

Guntur dan teman-temannya bersama bantuan para preman insyaf serta penjaga sekolah bernama Pak Jamil (Vincent Rompies) bahu membahu melawan para penjahat.

Film yang akan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada tanggal 5 Juli 2012 ini dinilai mampu memberikan hiburan alternatif bagi anak-anak di tengah maraknya film-film asing yang mengisi liburan sekolah.

Menggunakan narasi dan dialog yang dekat dengan keseharian serta penyajian pesan moral seperti nilai-nilai solidaritas, persahabatan, dan keberanian yang mudah dicerna membuat film ini sangat menghibur dan mendidik bagi anak-anak.

Tidak hanya itu, paparan artistik sinematografi yang mendukung tiap adegan aksi dan komedi menjadi sebuah nilai lebih dalam film ini.

Berdurasi sekitar 85 menit, Jendral Kancil siap menyuguhkan hiburan sarat makna dan pesan moral untuk mengisi liburan sekolah anak.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.