Jokowi Ingin Pejabat RT dan RW Diberi Honor

Senin, Juni 25, 2012 0 Comments



Bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo , disambut warga di Jalan Masjid Annur, Kelurahan Grogol Selatan, Kecamatan Kebayoran Lama,  Jakarta. FOTO: ANTARA
Bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo , disambut warga di Jalan Masjid Annur, Kelurahan Grogol Selatan, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta. FOTO: ANTARA
Menggalang keamanan dari level bawah

Calon Gubernur yang diusung PDIP dan Partai Gerindra, Joko Widodo mengatakan bahwa pejabat tingkat kelurahan ke bawah seperti ketua rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) harus diberikan honor kehormatan sebagai motivasi agar mereka bekerja keras terutama dalam hal keamanan dari level paling bawah.

"Kalau diberikan dana operasional, mereka juga harus diberikan asuransi kesehatan, sehingga bisa mendorong mereka berpartisipasi dalam keamanan DKI," ujar Jokowi sapaan akrab Joko Widodo dalam debat calon gubernur Jakarta, Minggu malam (24/6) di ballroom Hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta Selatan. 

Selain memperkuat level bawah, musyarawah pimpinan daerah (muspida) seperti Polda dan Kodam harus menjalin komunikasi yang baik untuk menciptakan keamanan yang terjamin di Jakarta. 

"Keamanan memang urusannya polisi, tapi pemda berikan dukungan penuh sehingga unsur kemuspidaan bergerak bersama-sama," ungkap dia.

Lebih lanjut, Jokowi juga mengatakan bahwa dengan memperbaiki fasilitas umum, maka juga dapat mampu memberi kontribusi terhadap keamanan Jakarta. 

"Ada interaksi publik disana. Sehingga ruang-ruang publik ini penting sekali, saling menyapa di ruang-ruang itu," imbuh Jokowi.

Namun, Jokowi menilai bahwa hal yang paling  krusial didalam memberikan kontribusi keamanan adalah peran dari pemimpin daerah itu sendiri. 

"Seorang pemimpin memang harus selalu turun ke bawah. Harus selalu dekat dengan RT, RW, linmas, sehingga pola intervensi sosial ini, dengan pendekatan kelompok dan individu, akan memperkuat jalinan interaksi antarmasyarakat," pungkas dia.
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.