Bak David Kontra Goliath, Yunani Lawan Jerman ?

Jumat, Juni 22, 2012 0 Comments


Preview Pertandingan
Mario Gomez (Jerman).
Mario Gomez (Jerman). (sumber: AFP)
Status Jerman sebagai favorit juara membuat Yunani bakal berstatus layaknya David melawan raksasa Goliath pada laga perempatfinal Euro 2012, Sabtu (23/6) dinihari WIB.

Menurut pelatih Yunani Fernando Santos, ia merasa senang timnya bakal berperan sebagai David kala melawan Jerman di perempatfinal. Tapi tentunya hal itu dengan catatan Yunani mampu mengikuti kesuksesan David menggulingkan Goliath yang tertulis di berbagai kitab suci itu.

"Apa yang kuminta dari para pemain adalah berusaha melupakan (masalah di luar lapangan) saat bermain dan memfokuskan diri hanya pada sepak bola untuk menunjukkan kalau mereka adalah pejuang sejati. Jika mengambil sudut pandang sejarah David melawan Goliath adalah hal yang bagus bagi kami, karena pada akhirnya Goliath kalah dari David," tegas pelatih Yunani Fernando Santos.

Jerman saat ini tengah mengincar trofi Piala Eropa keempat mereka setelah terakhir kali merasakannya 16 tahun yang lalu.

Sebaliknya Yunani tengah mencoba mengulangi keajaiban mereka delapan tahun silam di Euro 2004 Portugal. Yunani sudah berhasil melakukan keajaiban kecil saat menyingkirkan Rusia di Grup A, enam hari lalu.

Sayangnya dilihat dari catatan pertemuan antara kedua tim, Yunani belum pernah sekalipun mengalahkan Jerman. Catatan 5 kali kalah dan 3 kali imbang terjadi dari 8 kali pertemuan antara kedua tim.

Yunani akan kehilangan kapten Giorgos Karagounis serta bek kelahiran Jerman Jose Holebas yang harus menjalani skorsing karena akumulasi kartu kuning. 

Padahal mereka harus menghadapi satu-satunya tim yang selalu menang di tiga pertandingan grup. Selain itu ancaman terbesar berada di striker Mario Gomez yang menjadi top skorer Euro 2012. Kehadiran Mesut Ozil yang memang belum mencapai performa terbaik mereka bakal menjadi ancaman bagi Yunani di perempatfinal nanti.

Menariknya Santos justru takkan memberikan pengawalan bagi satu pemain Jerman tertentu.  

Yunani juga diragukan bisa menurunkan kiper Kostas Chalkias yang masih belum sembuh dari cedera hamstring. Gelandang kreatif Parma, Sotiris Ninis atau gelandang veteran Giorgos Fotakis bakal menggantikan posisi Karagounis sebagai motor di lini tengah.

Sebaliknya grafik permainan Jerman cenderung makin meningkat terutama di Euro 2012 kali ini. Die Mannschaft - julukan Jerman, selalu meraih kemenangan dari 14 pertandingan kompetitif mereka. Catatan itu juga menjadi rekor terbaik Jerman sepanjang sejarah.

Yunani sendiri hanya menang dua kali dari delapan pertandingan mereka. Catatan terbaik Yunani di turnamen besar terjadi di perempatfinal Euro 2004, dimana mereka mengalahkan Prancis, 1-0 dan akhirnya keluar sebagai kampiun.

Kendati diunggulkan, pelatih Jerman Joachim Loew sendiri tak memandang remeh Hellas - julukan Yunani.

"Yunani memainkan kombinasi sepak bola yang baik. Mereka memiliki pertahanan yang kuat, tekel yang keras, bertahan serta serangan balik sudah berada dalam darah mereka. Mereka sudah bermain dengan cara itu selama bertahun-tahun. Nyaris sama dengan Euro 2004 (saat mereka menjadi juara). Mereka sering kali disepelekan, tapi mereka justru berhasil membalikkannya," puji Loew.

Pertandingan perempatfinal: Jerman vs Yunani
Stadion:  (PGE Arena, Gdansk)
Wasit: Damir Skomina (Slovenia)

Prakiraan formasi Jerman (4-2-3-1)
1-Neuer; 20-Boateng, 5-Hummels, 14-Badstuber, 16-Lahm; 6-Khedira, 7-Schweinsteiger; 13-Muller, 8-Ozil, 10-Podolski; 23-Gomez
Pelatih: Joachim Loew

Prakiraan formasi Yunani (4-2-3-1)
13-Sifakis; 15-Torosidis, 19-Papastathopoulos, 5-K Papadopoulos, 3-Tzavelas; 21-Katsouranis, 2-Maniatis; 14-Salpingidis, 18-Fotakis, 7-Samaras; 17-Gekas
Pelatih: Fernando Santos

Pertemuan Terakhir
29/03/01     Yunani     2 - 4     Jerman     
03/09/00     Jerman     2 - 0     Yunani 
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.