AJI: Alex Noerdin Paling Positif di Mata Media

Rabu, Juni 27, 2012 0 Comments



Calon Gubernur DKI Jakarta yang diusung Partai Golkar, Alex Noerdin.
Calon Gubernur DKI Jakarta yang diusung Partai Golkar, Alex Noerdin. (sumber: Jakarta Globe)
Ada sebanyak 44 pemberitaan positif (atau sekitar 12,5 persen) mengenai pasangan Alex-Nono.

Pasangan Calon Gubernur yang diusung Partai Golongan Karya (Golkar), Alex Noerdin-Nono Sampono unggul dalam hal porsi pemberitaan positif dari media massa selama masa tahapan Pemilukada berlangsung.
 
Dalam riset Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta bersama Yayasan Tifa pada 1 Juni hingga 15 Juni 2012, menunjukkan ada sebanyak 44 pemberitaan positif (atau sekitar 12,5 persen) mengenai pasangan Alex-Nono pada 15 sampel media yang telah diseleksi.
 
Di posisi kedua, Hidayat Nur Wahid memiliki sebanyak 37 berita atau sekitar 10,5 persen. Sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Fauzi Bowo dengan 29 berita atau sebanyak 8,2 persen.
 
Ignatius Haryanto, konsultan riset, mengatakan munculnya pemberitaan positif Alex Noerdin lebih banyak terdapat pada koran lokal Jakarta. "Entah mungkin ada deal-deal tertentu. Sehingga, pada koran lokal yang terbit khusus di Jakarta banyak terdapat pemberitaan mengenai kesuksesan Alex soal Sumatra Selatan," paparnya.
 
Dalam riset yang dilakukan selama dua pekan tersebut, ditemukan laporan media massa mengenai Pemilukada DKI didominasi oleh tema pemberitaan seputar kampanye yakni 285 berita, proses pendaftaran sebanyak 175 berita dan regulasi sebanyak 108 berita.
 
Adapun 15 sampel media yang dilakukan adalah empat media online yaitu Detik.com, Kompas.com, Vivanews.com, Okezone.com. Empat media cetak nasional yaitu Kompas, Republika, Koran Tempo, Suara Pembaruan. Empat media cetak lokal yaitu Warta Kota, Poskota, Koran Jakarta, Indo Pos. Dan tiga televisi yaitu TV One, Metro TV, dan RCTI.
 
Adapun alasan pemilihan media tersebut berdasarkan dari keberagaman dari sisi kepemilikan media yang mewakili ideologi yang berbeda.
 
"Mewakili media yang populer dan paling banyak diakses oleh masyarakat, di mana untuk media online dengan dasar pada perhitungan popularitas dalam Alexa yang diakses pada tanggal 22 Mei 2012 pada saat rapat penentuan tim terhadap media online yang diteliti," tandas Hari.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.