Politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) AP Batubara menegaskan kemenangan dari hitung cepat dari KPU setempat atas pasangan calon gubernur Ganjar Pranowo - Heru Sudjatmoko di Pilgub Jawa Tengah (26/5), karena faktor "mesin" PDIP.

Anggota Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) PDIP itu mengemukakan hal tersebut kepada pers, di Jakarta, Senin.

AP Batubara yang akrab dipanggil "AP" itu mengatakan, faktor "mesin" PDIP yaitu bekerja seluruh pengurus partai mulai tingkat pusat (DPP) DPD PDIP (provinsi), DPC (kabupaten/kota), PAC (kecamatan) dan ranting (kelurahan dan desa) dalam ikut memenangkan cagub Ganjar-Heru.

"Kami meminta seluruh jajaran kader dan pengurus PDIP se-Indonesia agar mencontoh kinerja mesin partai PDIP Jateng, sehingga target PDIP memenangkan Pemilu dan Pilpres 2014 terwujud," katanya.

Selain itu, kata AP, kemenangan cagub yang diusung PDIP itu karena Jateng merupakan daerah yang memiliki mayoritas pemilih PDIP pada setiap pemilu legislatif.

Pemilukada atau Pilgub Jateng 2013 diikuti tiga pasangan cagub, yakni pasangan cagub nomor urut satu (Hadi Prabowo - Don Murdono) diusung oleh PKS, PKB, PPP, Gerindra, Hanura dan PKNU.

Pasangan cagub nomor urut dua (Bibit Waluyo - Sudijono Sastroatmodjo) diusung oleh Partai Demokrat, Partai Golkar dan PAN. Pasangan cagub nomor urut tiga (Ganjar Pranowo - Heru Sudjatmoko) diusung oleh PDIP.

Sebelumnya diberitakan, Bendahara DPD PDIP Jateng Rukma Setiabudi menyatakan optimistis partainya bisa memenangkan pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko pada Pilgub Jateng 26 Mei 2013.

Menurutnya, keoptimisan itu karena PDIP punya 17 Kepala Daerah dan 24 ketua badan legislatif di Jateng. "Itu modal kami, belum lagi ada 243 anggota fraksi PDIP di kabupaten/kota dan 23 anggota di DPRD Jateng," katanya.(*)