Selasa, 26 Maret 2013

Yang Dilakukan Jika Terjadi Serangan Jantung

Ilustrasi Saat terjadi serangan jantung. (Foto : DaVinaNews.com)
Serangan jantung Merupakan hal yang sangat berbahaya bagi semua orang karna akan mengakibatkan Kematian.

(Belajar dari meninggalnya Ricky Joe)
Setelah Anda sibuk kerja seharian dan sedang dlm perjalanan pulang dengan mengendarai mobil sendirian. Tiba - tiba Anda merasakan sakit yg sangat di dada dan mulai menjalar ke lengan, dagu. Tapi jarak ke Rumah Sakit yang terdekat kira - kira masih 5km, lebih celakanya lagi Anda tidak tahu, apakah Anda mampu bertahan sampai sejauh itu?

Saat sendirian, kena serangan jantung, bagai mana cara pertolongan pertamanya?

Seseorang ketika jantungnya tidak dapat berdenyut secara normal serta merasa hampir pingsan, ia hanya mempunyai waktu 10 detik untuk selamat dari maut. Setelah itu akan hilang kesadaran dan pingsan.

Jika sekitarnya tidak ada orang memberi pertolongan pertama, penderita harus memanfaatkan 10 detik yang singkat ini berusaha untuk menolong dirinya sendiri. Harus Bagaimana?

Jawabannya: 

1. Jangan panik. 

2. Berusaha berbatuk terus sekuat tenaga.

3. Setiap kali sebelum batuk, harus tarik nafas sedalam - dalamnya dan berbatuk sekuat - kuatnya, seperti hendak mengeluarkan dahak yang berada dalam dada.

4. Setiap selang 2 detik, Anda harus tarik nafas dan berbatuk lagi, hingga pertolongan tiba atau kalau merasa denyut jantung sudah normal, silahkan istirahat dulu.

Tujuan TARIK NAFAS adalah untuk memasukkan Oxygen ke dalam paru - paru.
Tujuan BATUK adalah untuk menekan jantung agar aliran darah bersikulasi.

Pertolongan pertama cara ini dimaksud, agar penderita mempunyai kesempatan untuk ke Rumah Sakit.



[dvn/myd]

Berita Davina

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

1 komentar:

  1. Jiak terjadinya serangan jantung memang harus segera mengambil tindakan dan penanganan yang tepat, teirma kasih atas informasinya.

    BalasHapus

Pedoman Komentar

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu.

Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.

Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar :)