Jumat, 22 Maret 2013

Tetebatu, Lumbung Indah di Kaki Rinjani

Desa Wisata Tetebatu. Foto: Wego Photo Contest/ Nanang Wirawan

Berlibur ke Lombok makin mudah saja. Terlebih sejak Bandara Internasional Lombok dibuka di tengah Pulau Lombok, tepatnya di Kabupaten Lombok Tengah. Menggantikan bandara sebelumnya yang hanya bisa didarati pesawat kecil.
Lokasi bandara baru tersebut berjarak sekitar 55 kilometer selatan Senggigi atau dua jam perjalanan darat. Dengan terbukanya akses tersebut, kini wisatawan dapat lebih leluasa mengeksplorasi pesona Lombok.
Di kaki Gunung Rinjani, lebih tepatnya di Lombok Timur, ada desa wisata indah yang wajib dikunjungi oleh pencinta panorama sawah. Namanya Tetebatu,  pedesaan subur yang terletak pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut dengan hamparan sawah, ladang tembakau, kebun buah, dan padang penggembalaan sapi.
Kangen suasana pedesaan yang sejuk atau ingin ditemani orkestra kodok saat tidur di malam hari? Tetebatu boleh jadi jawabannya. Ada banyak kampung-kampung tradisional di sekitar lumbung pangan milik suku Sasak ini, beberapa adalah penghasil kerajinan ikat dan tembikar. Selain itu, Tetebatu juga memiliki sungai berarus deras, Air Terjun Jukut, dan hutan di Taman Wisata Tetebatu yang menjadi habitat monyet .
Walaupun tergolong kota kecil, sesungguhnya wilayah Tetebatu lumayan luas. Tersedia jalur jalan di utara dan timur, yang dijuluki jalan air terjun. Dan, untuk menikmati Tetebatu jangan lupa nyobain wisata jalan-jalan di sekitar sawah sampai ke Air Terjun Jeruk Manis. Panorama di sekitar jalur tersebut adalah bagian terbaik dari wisata di Tetebatu.
Perjalanan menuju Tetebatu bisa ditempuh dari Mataram. Hanya saja, kalau kamu memutuskan naik angkutan umum, perjalanannya akan makan waktu dan penuh perjuangan. Sebab bis yang beroperasi dari terminal di Mataram ke Pomotong yang berjarak 12 kilometer di selatan Tetebatu, jumlahnya jarang dan waktu keberangkatannya susah ditebak. Dari Pomotong, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Kotaraja lalu naik cidomo atau ojek untuk menempuh jalur darat sejauh 2 kilometer ke Tetebatu. Dari Senggigi, ada pula beberapa perusahaan bis yang bisa disewa untuk pergi ke Tetebatu. Alternatif lainnya adalah menyewa mobil atau taksi dari kawasan turis di Lombok Barat.

[wego/cla]

Berita Davina

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Pedoman Komentar

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu.

Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.

Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar :)