Jumat, 08 Maret 2013

Karawang tinggalkan pengolahan sampah "open dumping"


Kabupaten Karawang Jawa Barat meninggalkan sistem pengolahan sampah open dumping dan mulai menggunakan sistem controlled landfill untuk mengolah sampah di tempat pembuangan akhir.

"Sesuai ketentuan dalam Undang Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengolahan Sampah, sistem open dumping tidak boleh digunakan lagi mulai Mei 2013. Jadi sekarang kami menggunakan sistem controlled landfill dalam pengolahan sampah," kata Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Karawang Yusuf Abdulgani  di Karawang, Selasa. 

Dia mengemukakan  peralihan sistem pengolahan sampah di tempat pembuangan akhir sampah Jalupang Karawang dimulai sejak awal 2013. 

Dalam Undang Undang Nomor 18 tahun 2008 tersebut disebutkan, sistem pengolahan sampahopen dumping tidak ramah lingkungan serta rentan terhadap bencana longsor sehingga perlu dilakukan pengembangan sistem dalam melakukan pengolahan sampah.

Yusuf mengemukakan pihaknya saat ini tidak menggandeng pihak ketiga dalam melakukan pengolahan sampah sistem controlled landfill

"Ke depan kami akan menggandeng pihak ketiga dalam melakukan pengolahan sampah di TPA," katanya. 

Open dumping ialah sampah dibuang begitu saja di TPA tanpa ada perlakuan  termasuk tidak dilakukan penutupan sampah dengan menggunakan tanah. 

Controlled landfill antara lain dilakukan dengan menimbun sampah dengan lapisan tanah setiap tujuh hari.
Peningkatan efisiensi pemanfaatan lahan dan kestabilan permukaan TPA dilakukan juga dengan perataan dan pemadatan sampah. 



[ANT/ADIT]

Berita Davina

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Pedoman Komentar

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu.

Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.

Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar :)