Karawang tinggalkan pengolahan sampah "open dumping"

Jumat, Maret 08, 2013 0 Comments


Kabupaten Karawang Jawa Barat meninggalkan sistem pengolahan sampah open dumping dan mulai menggunakan sistem controlled landfill untuk mengolah sampah di tempat pembuangan akhir.

"Sesuai ketentuan dalam Undang Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengolahan Sampah, sistem open dumping tidak boleh digunakan lagi mulai Mei 2013. Jadi sekarang kami menggunakan sistem controlled landfill dalam pengolahan sampah," kata Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Karawang Yusuf Abdulgani  di Karawang, Selasa. 

Dia mengemukakan  peralihan sistem pengolahan sampah di tempat pembuangan akhir sampah Jalupang Karawang dimulai sejak awal 2013. 

Dalam Undang Undang Nomor 18 tahun 2008 tersebut disebutkan, sistem pengolahan sampahopen dumping tidak ramah lingkungan serta rentan terhadap bencana longsor sehingga perlu dilakukan pengembangan sistem dalam melakukan pengolahan sampah.

Yusuf mengemukakan pihaknya saat ini tidak menggandeng pihak ketiga dalam melakukan pengolahan sampah sistem controlled landfill

"Ke depan kami akan menggandeng pihak ketiga dalam melakukan pengolahan sampah di TPA," katanya. 

Open dumping ialah sampah dibuang begitu saja di TPA tanpa ada perlakuan  termasuk tidak dilakukan penutupan sampah dengan menggunakan tanah. 

Controlled landfill antara lain dilakukan dengan menimbun sampah dengan lapisan tanah setiap tujuh hari.
Peningkatan efisiensi pemanfaatan lahan dan kestabilan permukaan TPA dilakukan juga dengan perataan dan pemadatan sampah. 



[ANT/ADIT]

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.