Sabtu, 30 Maret 2013

Dahlan Iskan, Capres Alternatif Terpopuler

Ilustrasi Buku Dahlan Iskan. (Foto : Davinanews.com)

Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan menjadi calon presiden alternatif dengan tingkat elektabilitas atau tingkat keterpilihan tertinggi versi Lembaga Survei Jakarta (LSJ).
Tingkat elektabilitas Dahlan yaitu 17,2 persen. Dia mengungguli tokoh nasional lainnya, di antaranya adalah Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD dengan elektabilitas 13,1 persen, pedangdut Rhoma Irama 10,9 persen, Ketua Komisi Pemberantasan KorupsiAbraham Samad 5,2 persen, dan Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati 3,9 persen.
"Dahlan sering muncul di publik. Dia juga sebenarnya banyak melakukan hal yang berkaitan dengan poltik," ujar pengamat politik The Indonesia Institute Hanta Yuda dalam pemaparan hasil survei bertajuk Capres Allternatif Pilihan Publik di Jakarta, Kamis 28 Maret 2013.
Survei ini menguji berbagai indikator, di antaranya adalah penguasaan masalah ekonomi, jujur, bersih, dan merakyat. "Dahlan dianggap mampu memenuhi kriteria itu," ucap Hanta. Terobosan Dahlan dengan berbagai kontroversinya, kata Hanta, sering dianggap sebagai letupan kecil. "Tetapi letupan kecil itu sebenarnya bisa jadi besar pengaruhnya".
Adapun dia menilai Mahfud yang berada di posisi ke dua juga memiliki karakter yang sama dengan Dahlan. "Mahfud sering membuat letupan yang meramaikan dinamika politik," ujarnya. Pakar psikologi politik Universitas Indonesia, Hamdi Muluk menilai, jabatan Menteri BUMN juga otomatis membuat Dahlan dekat dengan politik. "Dia membuat berbagai terobosan yang membangun top of mind di masyarakat," ucapnya.
Menurut Hamdi tingkat keterpilihan Dahlan yang tinggi sangatlah masuk akal. "Temuan ini berbanding lurus dengan prinsip availibility," katanya. Dia membandingkan Dahlan dengan tokoh lainnya yang muncul dalam survei yaitu Sri Mulyani. "Dia potensial tetapi sudah beberapa tahun ini di luar negeri. Untuk apa jauh-jauh, istilahnya tidak available," ucap Hamdi.
Survei yang diadakan oleh LSJ ini dilakukan melalui wawancara dengan panduan kuesioner pada 4 Februari-16 Maret 2013. Responden yang berpartisipasi sebanyak 1.225 orang yang berasal dari 33 provinsi. Usia responden minimal 17 tahun dan atau belum 17 tahun namun sudah menikah.
Berikut hasil survei capres alternatif berdasarkan tingkat elektabilitas versi LSJ :
1. Dahlan Iskan 17,2 persen
2. Mahfud MD 13,1 persen
3. Rhoma Irama 10,8 persen
4. Abraham Samad 5,2 persen
5. Sri Mulyani Indrawati 3,9 persen
6. Chairul Tanjung 3,6 persen
7. Djoko Suyanto 2,8 persen
8. Rizal Ramli 2,5 persen
9. Pramono Edhie Wibowo 1,9 persen
10. Irman Gusman 1,4 persen
11. Gita Wiryawan 1,3 persen
12. Anies Baswedan 1,1 persen
13. Tokoh lainnya 6,9 persen
14. Tidak tahu


[tempo/myd]

Berita Davina

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Pedoman Komentar

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu.

Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.

Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar :)