8 Maestro dalam Dunia Logo Design

Minggu, Maret 17, 2013 0 Comments



1. Frank Mason Robinson
Pria ini lahir di Corinth, Maine pada tahun 1845. Ia tutup usia di Atlanta, Georgia pada tahun 1923, di usia 78 tahun. Robinson memiliki andil besar dalam upaya promosi produk minuman bersoda yang kini telah merajai dunia, Coca Cola.
Sewaktu muda, Robinson pernah tinggal di Iowa, dan ia pun menikah dengan Laura Clapp. Kemudian, pada tahun 1886, Robinson hijrah ke Atlanta, dan ia pun bekerja sebagai sekretaris dan petugas administrasi keuangan di sebuah perusahaan kimia, Pemberton Chemical Company. Dan, dialah orang yang mengusulkan logo Coca Cola, yang ditulis dengan font Spencerian, font yang banyak digunakan oleh para petugas administrasi keuangan pada masa itu.


2. Rob Janoff
Janoff adalah seorang desainer grafis yang sering menciptakan logo dan identitas perusahaan, serta iklan cetak dan iklan televisi. Karyanya paling terkenal adalah design logo Apple. Ya, dialah orang yang mengkreasikan logo buah apel yang sekarang tersemat di berbagai produk perusahaan gadget terkemuka itu.
Pada tahun 1977, ia bekerja pada perusahaan Regis McKenna sebagai art director, dan mendapat tugas untuk merancang logo untuk perusahaan Apple Computer. Ia pun menciptakan logo sebuah apel yang telah digigit, dan sekarang menjadi trademark terkenal itu. Dia juga yang menciptakan iklan dan materi cetak untuk Apple.
Di samping, ia pun pernah melakukan pekerjaan desain untuk IBM dan Intel.



3. David Shen

Shen adalah Vice President dari Tim Pengalaman Pengguna dan Design di Yahoo! selama hampir 8 tahun dan telah terlibat dalam hampir semua produk dan layanan yang telah Yahoo! luncurkan, baik di Amerika Serikat maupun internasional. Sebagai salah seorang karyawan yang telah bekerja sejak pembentukan awal Yahoo!, ia menjalani susah-senangnya hidup sebagai karyawan di perusahaan baru yang identik dengan lembur berjam-jam, namun ia tetap berkomitmen, dan menghasilkan pekerjaan yang memuaskan. Ia pun memiliki sikap “lakukan apapun yang perlu dilakukan” yang dinilai sangat penting untuk mewujudkan kesuksesan dalam berwirausaha.
Logo original dari Yahoo!, yang dikenal sebagai “Jumping Y Guy”, merupakan hasil kreasi Shen. Logo tersebut menampilkan lingkaran biru yang mewakili Bumi, dan stik berbentuk huruf “Y” berwarna kuning yang terlihat melompat keluar dari Bumi, yang dilatari dengan bayang-bayang berwarna keunguan.


4. Ruth Kedar
Kedar merupakan satu-satunya wanita dalam daftar ini. Ia adalah seorang seniman dan designer, dengan karyanya yang paling tersohor adalah logo Google.
Ia dilahirkan di Brazil, namun kemudian hijrah ke Israel, di mana ia mendapatkan gelar sarjananya dalam bidang Arsitektur dari Technion, Israel Institute of Technology. Ia kemudian pindah ke Amerika Serikat untuk meraih gelar Master dalam bidang Design di Stanford University Masters Program.
Karya tesis untuk S2-nya mengangkat tema design kartu remi, dan ia pun ditugaskan oleh Adobe Systems untuk menjadi salah satu designer program Adobe Deck. Ia pun kemudian merancang design Analog Deck dan Duolog Deck yang meraih penghargaan.


5. Paul Rand
Pria kelahiran 15 Agustus 1914 ini adalah seorang designer grafis dari Amerika Serikat yang terkenal dengan karya-karya design logo perusahaannya, termasuk logo untuk IBM, UPS, Westinghouse, ABC dan NeXT-nya Steve Jobs. Rand, yang menghembuskan napas terakhirnya pada tanggal 26 November 1996 ini, merupakan salah satu penggagas design grafis Gaya Swiss.
Walaupun design logonya sering kali dinilai sederhana, Rand dengan cepat menunjukkan dalam buku A Designer’s Art bahwa, “sebuah ide tak perlu berlebihan agar dapat dinilai orisinil ataupun menarik”. Merek dagang American Broadcasting Company yang ia design pada tahun 1961, misalnya, yang kemudian digunakan oleh ABC-TV pada musim gugur tahun 1962, melambangkan ide minimalisme sekaligus membuktikan perkataan Rand bahwa sebuah logo tak akan bisa bertahan jika tidak dirancang dengan kesederhanaan dan ketahanan diri.


6. Walter Landor
Terlahir sebagai Walter Landauer (9 Juli 1913 – 9 Juni 1995) merupakan salah satu legenda designer merek, yang sekaligus merupakan pendiri Landor Associates. Ia merupakan pionir dalam hal pemasaran merek dan riset konsumen. Landor Associates, perusahaan yang ia dirikan pada tahun 1914, saat ini memiliki biro konsultasi merek dan kantor design di seluruh dunia. Salah satu karya design Landor yang paling terkenal adalah logo FedEx.


7. Milton Glaser
Glaser lahir pada tanggal 26 Juni 1929. Ia merupakan seorang grafik designer, dengan berbagai karya fenomenal, seperti logo I Love New York, poster “Bob Dylan”, logo “DC Bullet” yang pernah digunakan sebagai merek dagang DC Comics dari tahun 1977 hingga 2005, dan logo “Brooklyn Brewery”. Glaser juga merupakan pendiri dari New York Magazine, bersama dengan Clay Felker pada tahun 1968.


Logo Design - Ebay

8. Bill Cleary
William T. (“Bill”) Cleary merupakan seorang wirausahawan dari Amerika Serikat yang memiliki latar belakang di bidang periklanan dan marketing. Sempat menjadi guru sekolah menengah atas, Cleary sempat bekerja sebagai seorang copywriter di sejumlah firma periklanan selama beberapa tahun. Ia pun sempat bergabung dengan Apple Computer pada tahun 1981-1985, di mana ia bertugas untuk mempromosikan Apple IIc dan Apple IIe. Logo ebay yang digunakan saat ini merupakan hasil karyanya.
Itulah beberapa tokoh terkemuka dalam bidang design logo. Semoga bisa memberikan inspirasi, sehingga beberapa dekade ke depan, nama sribuddies lah yang akan dikenang sebagai pencipta design logo yang terkemuka.

[sribu]

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.