Selasa, 12 Februari 2013

Sesungguhnya Marketing itu Sederhana


Mungkin ada yang bingung marketing itu apa. Ada yang mencoba menjawabnya dengan definisi misal marketing itu adalah kegiatan menawarkan sesuatu kepada target market. Ada lagi yang menjelaskan marketing sebagai proses komunikasi untuk memberikan informasi barang dan jasa yang terkait dengan kebutuhan dan keinginan orang.
Apapun definisinya, sebenarnya marketing itu sederhana.
Anda bisa tanyakan apa yang orang inginkan. Setelah itu, anda bisa sediakan apa yang mereka inginkan tersebut.
Begitupun kalau anda sudah punya memiliki konsumen. Anda bisa tanyakan apa yang kurang dari produk yang sudah dikonsumsi oleh konsumen anda. Dan penuhi keinginan tersebut.
Demikian juga jika anda ingin untuk merebut suatu pasar. Anda bisa tanyakan apa yang masih kurang dari produk yang telah mereka konsumsi selama ini. Dan penuhi itu.
Intinya adalah mintalah masukan. Apa yang orang inginkan, dan penuhilah itu. Sesungguhnya sangat sederhana bukan?
Banyak pebisnis yang repot dengan membuat pasar baru, atau mencoba membuat produk yang menurut mereka sangatlah bagus. Padahal uang akan datang saat anda temukan pasar, menemukan orang yang menginginkan sesuatu, dan sediakan itu buat mereka.
Karena keinginan manusia ini tak ada habisnya, maka tentu sangat banyak niche yang bisa kita mainkan. Tak terbatas dan semakin banyak.
Jadi, kalau ada yang merasa tak tahu harus berjualan apa. Coba tanyakan apa yang dibutuhkan oleh target market anda, dan mulailah sediakan itu.
Simpel kan?

Oleh : Joko Susilo | Penulis seorang praktisi Bisnis Online dan Internet Marketing

Berita Davina

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Pedoman Komentar

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu.

Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.

Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar :)