Sabtu, 01 Desember 2012

Cerita Ahok balas ribuan SMS, email, dan BBM

GEBRAKAN 100 HARI JOKOWI BASUKI #46


"Sabtu, keroyok selesai. Sabtu-Minggu baru saya balas."

- Ahok

Punya 12 BlackBerry, Wakil Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ternyata kelabakan membalas satu per satu pesan singkat, surat elektronik (email), hingga pesan melalui BlackBerry Messenger. Ahok harus menyewa 'pasukan' khusus untuk membalas ribuan pesan tersebut yang masuk setiap hari.

Sebagai pejabat publik, Ahok menginginkan transparansi. Pemilik nama asli Zhong Wan Xie ini mau mendengarkan langsung dan menampung aspirasi dari warga Jakarta. Saat masa kampanye, tak segan dia membagikan nomor handphone-nya dan PIN BB yang tertera dalam kartu namanya kepada warga. Kata Ahok, silakan warga menghubunginya langsung jika ada keluhan.

Saat terpilih dan dilantik menjadi wakil gubernur 15 Oktober 2012, tentu saja pengaduan warga makin deras masuk ke 12 BlackBerry miliknya. Bahkan ada warga yang mengirim pesan sekadar bertanya kabar mantan Bupati Belitung Timur itu.

Dengan kesibukannya yang luar biasa, Ahok tidak sanggup membalas satu per satu pesan yang masuk, karena jumlahnya sudah mencapai ribuan. Ahok pun memberdayakan relawan yang berasal dari kalangan mahasiswa untuk menanggapi berbagai pesan tersebut.

"Iya, makanya teman-teman mahasiswa kerjaannya selalu dekat dengan ruangan saya. Kalau nggak ngerti (menjawab) mereka tanya kepada saya. Kalau hanya (pesan) 'bapak saya dukung bapak' ya tinggal ucapkan terima kasih. Kalau pertanyaan yang sulit, ya mereka tanya ke saya," tutur Ahok di Balai Kota, Jakarta, Jumat (30/11).

Saking banyaknya pesan yang masuk, Ahok mengakui jika waktu untuk membalas cukup lama. "Banyak, kalau nggak bisa gitu gak balas, diam. Kalau mahasiswa datang bisa bantu-bantu ramai keroyok (membalas pesan). Biasanya seminggu nggak habis," ujarnya.

Dia pun mengungkapkan, akhir pekan adalah waktu yang paling sering digunakan untuk membalas satu per satu pesan-pesan yang masuk. "Sabtu, keroyok selesai. Sabtu-Minggu baru saya balas," ujarnya.

Mengenai anggaran untuk 'pasukan' pembalas pesan itu, Ahok mengaku tidak sampai merogoh koceknya dalam-dalam. "Ya kita cuma kasih makan saja," katanya.

Soal display picture di profil BBM-nya yang sering berubah, Ahok berujar, "Itu teman-teman paling yang iseng ganti," ujarnya sambil tersenyum.






Editor: M. Amin
Sumber :

Berita Davina

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Pedoman Komentar

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu.

Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.

Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar :)