Unggul mana, All New Serena atau Noah?

Rabu, November 21, 2012 0 Comments

Unggul mana, All New Serena atau Noah?
Nissan Serena dan Toyota Noah

Ceruk pasar MPV makin padat setelah Toyota menggadang-gadang masuknya Noah, sedangkan Nissan tak kalah sigap menyiapkan All New Serena. Jagoan Toyota disiapkan mengisi kekosongan segmen MPV antara Kijang Innova dan Toyota Alphard.
Baik Noah maupun All New Serena bakal menjadi penantang kuat Mazda Biante tahun depan, karena dikabarkan keduanya meluncur di 2013. Dengan hadirnya tiga model tersebut, maka akan terbuka segmen baru, yakni MPV medium-premium.
Jika Toyota baru tahap rencana, sebaliknya Nissan sudah menyebut bahwa All New Serena sebenarnya sudah ada di area penyimpanan mereka dan tinggal tunggu jadwal pemasaran.
Lantas apa saja kelebihan dan keunggulan keduanya jika berhadap-hadapan? Memang belum banyak informasi spesifikasi pasti yang didapat terkait Noah dan All New Serena untuk pasar Indonesia, tapi setidaknya ada sedikit gambaran kekuatan masing-masing model.
All New Serena
Dimensi All-New Nissan Serena generasi keempat lebih panjang dari generasi ketiga atau kedua. Pada generasi kedua yang dipasarkan di Indonesia memiliki panjang 4,590 mm, generasi ketiga dimensi panjangnya 4.650 mm, sedangkan yang terbaru lebih panjang dengan 4.685 mm.
All New Serena
Jika jadi dipasarkan, kemungkinan All New Serena merupakan model asli yang dikeluarkan Nissan internasional yang dilepas di pasar Eropa serta Jepang, dan diimpor langsung dari negeri Matahari Terbit.
Kendati berubah desain, Nissan tak menyingkirkan ciri khas Serena dengan model boxy dan lampu belakang yang memanjang. Mobil ini di Jepang juga tersedia varian Autech yang dilabeli nama Nissan Serena Autech Rider.
Bagian moncong nampak stylish dengan hadirnya grille besar serta bumper baru yang berdampingan selaras. Lampu utama nampak besar dan menonjol, mengesankan berani. Di sektor buritan, terdapat lampu kombinasi bergaya kristal berikut lampu kabut tiga dimensi yang menegaskan kesan modern dan sporty.
Pandangan lebih leluasa, karena desain kaca samping cukup besar dengan atap panoramic. Nissan pun menjanjikan bahwa sektor interior dijejali fitur dan materi kelas wahid.
Berangkat dari tinggi dimensi, Nissan pun telah menyempurnakan sisi aerodinamika mobil. Fitur lain yang melengkapi di antaranya terpasang zona body untuk keamanan, terutama untuk keselamatan pejalan kaki, ABS, EBD + brake assist, hill start assist, side airbags, auto light dan rain sensor.
Kesan mewah dapat dirasakan ketika melongok ke bagian kabin. Panorama kabin dihiasi laburan hitam kelam. Warna ini mengingatkan kepada saudara kandungnya yang lebih bongsor, yakni Nissan Elgrand. Dari segi dimensi body, ia lebih gemuk dari Honda Odyssey dan Mazda Biante. Tak salah jika All New Serena sanggup disesaki 8 penumpang.
Serena mendatang berkode C26 merupakan penyempurnaan C24. Di C26 terpasang mesin baru 2.0-liter MR20DD, yang dikawinkan dengan transmisi Xtronic CVT dan Idling Stop System. Dengan bekal tersebut, akselerasi mesin mobil terdongkrak dan hemat BBM lantaran fitur-fitur seperti electric power steering. Tenaga yang dituai sebesar 47 hp pada putaran 5.600 rpm dan torsi 210 Nm/4.400 rpm.
Sebagai gambaran, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sendiri saat ini melepas model lama, Serena Autech Highway Star Automatic 2.000 cc, dengan harga Rp 358 juta.
Namun melihat sisi teknologi dan modelnya yang lebih luxury, nampaknya harga All New Serena bakal melambung sesuai peningkatan standar yang dimiliki.
Toyota Noah
Toyota Noah diposisikan di atas Kijang Innova dan di bawah Alphard. Untuk mengejar harga yang kompetitif, kabarnya PT Toyota Astra Motor (TAM) berencana merakit Noah di dalam negeri. Di negeri asalnya, Jepang, Toyota Noah terbilang sukses dengan angka penjualan 22.000 unit dalam 6 bulan di tahun 2012.
Toyota Noah
Jika Toyota Noah didatangkan langsung dari Jepang (CBU), boleh jadi nilai jualnya menyentuh angka antara Rp 500-700 juta. Kalau CKD, Toyota Noah besar kemungkinan dijual dalam rentang harga Rp 350-500 juta.
Toyota Noah mengusung mesin 3ZR-FAE DOHC, 1.986 cc, Valve Matic yang didukung transmisi otomatis CVT 7-percepatan via Paddle Shift, Forwarded. Dengan bekal tersebut, Noah sanggup memuntahkan tenaga 158 PS/6.200 rpm dan torsi 196 Nm/4.400 rpm. Mobil dengan kelengkapan teknologi valve matic ini mampu melesat dari posisi diam ke 100 km/jam dengan catatan waktu 9.8 detik.
Dengan body bongsor berbobot 1,6 ton, mobil ini sanggup mengangkut 8 penumpang dengan model pintu geser 730 mm.
Secara visual, body terlihat elegan, dan cukup pantas untuk keluarga mapan layaknya Alphard.
Dari sisi interior, cukup leluasa di mana kursi deret kedua dapat berputar 180 derajat untuk memudahkan akses keluar masuk penumpang. Sementara kursi deret ketiga memberi keleluasaan gerak kaki penumpang dewasa.
Noah juga dibekali teknologi generator plasmacuster dan negative-ion, mirip dengan Mazda Biante. Kelengkapan lain diantaranya indikator ECO driving, ABS, BA, EBD, TCS (Traction Control System). dan VSC (Vehicle Stability Control System).
Untuk konsumsi BBM, Noah diklaim dapat menjelajah 12-14 km dengan hanya 1 liter bahan bakar.


Editor: Sindy Maurina
Sumber : 
Otosia.com

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.