Rabu, 21 November 2012

Tips aman bermotor saat hujan

Ilustrasi. motor kehujanan. @2012 Davinanews.com

Musim hujan kali ini memang datang agak terlambat daripada prakiraan cuaca yang ada. Bagi Anda yang bermobilitas dengan motor ada kalanya perhatikan beberapa tips agar tetap aman dan nyaman berkendara.
Walaupun intensitas hujan yang ada di Indonesia belum merata, tidak jarang sekalinya hujan langsung mengakibatkan banjir dan longsor. Bagi Anda yang terpaksa berkendaraan roda dua misalkan bekerja atau sekedar keluar rumah, harus tetap memperhatikan keamanan dan kenyamanan.
Beberapa tips yang mungkin bisa Anda lakukan antara lain:
  • Periksa kelayakan motor Anda, mulai dari kondisi alur ban yang harus masih tebal, rem belakang maupun depan bekerja optimal, pastikan lampu depan dan belakang menyala, serta ketersediaan alat-alat bengkel (minimal kunci busi, obeng, tang)
  • Persiapkan piranti pelindung hujan seperti jas hujan, sepatu boot jika memungkinkan, helm dengan kaca pelindung, serta spare part (busi dan lampu)
  • Kemudian perhatikan laju kendaraan Anda, jangan terlalu cepat dan spontan dalam menarik gas agar tidak terjadi slip roda
  • Jika visibilitas tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan karena hujan yang terlalu lebat dan gelap, menepilah dan cari tempat berlindung yang aman. Jangan berteduh di pohon besar, papan reklame yang tinggi, cari tempat yang nyaman untuk Anda sambil beristirahat menunggu hujan reda.
  • Hormati pengguna jalan yang lain karena keadaan Anda yang mungkin juga sama-sama merasa lelah dan stres dengan cuaca yang tidak bersahabat.
Semoga sedikit tips yang ada bisa menjadi referensi keselamatan Anda dalam bermotor di kondisi cuaca hujan. Semoga selamat sampai tujuan dan tetap nikmati sensasi bermotor Anda.


Editor: Sindy Maurina
Sumber : 
Otosia.com

Berita Davina

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Pedoman Komentar

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu.

Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.

Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar :)