Sambut banjir, Jokowi dan jajaran pemprov gelar apel siaga

Selasa, November 06, 2012 0 Comments

GEBRAKAN 100 HARI JOKOWI BASUKI #21

Sambut banjir, Jokowi dan jajaran pemprov gelar apel siaga
banjir. Merdeka.com/Arie Basuki
"Ini semua bagian dari kesiagaan antisipasi banjir. Kita tidak bisa santai, karena kalau hujan di Depok dan Katulampa tetap bisa banjir. Kita harus siap itu kewajiban pemerintah." 

- Arfan Arkilie 

Pada apel siaga banjir yang pagi ini, selain Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, juga turut hadir Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Hal ini sebagai persiapan musim banjir menjelang.

"Ini semua bagian dari kesiagaan antisipasi banjir. Kita tidak bisa santai, karena kalau hujan di Depok dan Katulampa tetap bisa banjir. Kita harus siap itu kewajiban pemerintah," ujar Kepala BPBD Arfan Arkilie di Jakarta, Senin (5/11).

Sementara itu, dilanjutkan olehnya, segala upaya sudah dilakukan Pemprov DKI untuk mengantisipasi masalah banjir. Upaya tersebut antara lain dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya banjir melalui silaturahmi minggu pagi (SMP), program kemandirian masyarakat, pembuatan peta parsipatif ke tingkat RW, peningkatan penerapan early warning system, mempercepat response time, mendekatkan sarana dan logistik pada titik rawan banjir, pengerukan kali waduk, mengurangi genangan.

"Selain itu, kami juga sudah melakukan pembersihan mulut air saluran mikro, normalisasi Kali Pesanggarahan Angke Sunter, dan perbaikan pompa underpass," kata Arfan.

Adapun SKPD terkait yang hadir seperti Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI, Dinas Perindustrian dan Energi DKI, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, Dinas Perhubungan DKI, Dinas Kebersihan DKI, Dinas Kesehatan DKI, PLN, PAM, SAR, Polda, dan PMI.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang akan hadir siap memberikan kejutan pada peserta apel. Nanti Jokowi akan menunjuk satu lokasi banjir, dia pun akan menyaksikan kesigapan para aparat Pemprov menanggulangi banjir.

"Saya simulasikan ke satu tempat. Enggak tahu di mana. Mau saya ajak coba kalau datang banjir gimana. Gitu, itu aja," kata Jokowi.



Editor: M. Amin
Sumber : 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.