Pelayanan kesehatan di Jakarta dibikin terintegrasi

Kamis, November 08, 2012 0 Comments

GEBRAKAN 100 HARI JOKOWI BASUKI #22

Pelayanan kesehatan di Jakarta dibikin terintegrasi
Pengobatan Gratis. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

"Pada prinsipnya kita sepakat bahwa pelayanan kesehatan paling efektif adalah menjadikannya dalam satu sistem." 

- Akmal Taher

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menyetujui konsep yang diusung oleh Pemprov DKI Jakarta mengenai konsep pelayanan kesehatan. Rencananya, pelayanan kesehatan akan terintegrasi.

"Pada prinsipnya kita sepakat bahwa pelayanan kesehatan paling efektif adalah menjadikannya dalam satu sistem," ujar Direktur Utama Akmal Taher di gedung Balai Kota, Jakarta, Rabu (7/11).

Akmal menjelaskan, nantinya RSCM akan membuat sistem terpadu sebelum rencana ini dapat direalisasikan. Sistem tersebut akan menjadi standar seluruh RSUD di Jakarta dalam menentukan tingkat pelayanan primer dan mengenai rujukannya.

"Sistemnya kami buat dan kami harapkan 2013 sudah bisa jalan. Semua agar lebih efisien karena selama ini ada 58 persen pasien yang sebenarnya tidak perlu dirujuk. Tapi nyatanya menumpuk dan ada antrean di satu tempat," kata dia.

Sementara itu, Dekan FKUI Ratna Sitompul mengatakan UI akan menguatkan pelayanan primer dalam kebijakan ini. Pendekatan yang dilakukan sedikit berbeda karena menggunakan pendekatan dokter keluarga.

Dalam hal ini, para peserta didik di FKUI akan diterjunkan dan menjelma sebagai tenaga medis baru yang membantu DKI meningkatkan pemberian layanan kesehatan untuk seluruh warganya. Selain itu, para mahasiswa juga akan diberikan tanggungjawab untuk mengenal plus-minus keluarga yang ditangani.

"Yang penting adalah pemeliharaan kesehatan, kami jemput ke rumah sebagai langkah preventif. Karena biaya akan jebol kalau semua dilayani di rumah sakit. Saya pikir semua fakultas kedokteran di Jakarta akan membantu," kata dia.




Editor: M. Amin
Sumber : 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.