Olahraga membuat orang lebih cerdas?

Sabtu, November 03, 2012 0 Comments

Olahraga membuat orang lebih cerdas?
Ilustrasi kebiasaan olahraga. ©2012 Merdeka.com

"Penelitian ini menunjukkan bahwa penurunan kemampuan kognitif bisa dicegah dengan melakukan olahraga secara teratur dan mengurangi berat badan." 
- Dr Martin Juneau
Apa yang baik untuk tubuh, pasti baik untuk otak. Peneliti di Canadian Cardiovaskular Congress menemukan bahwa berolahraga selama empat bulan mampu meningkatkan kemampuan otak.
"Penelitian ini menunjukkan bahwa penurunan kemampuan kognitif bisa dicegah dengan melakukan olahraga secara teratur dan mengurangi berat badan," jelas Dr Martin Juneau, peneliti dari Montreal Heart Institute.
Ilmuwan melakukan pengamatan terhadap orang dewasa di atas usia 49 tahun yang memiliki masalah obesitas. Para partisipan diminta untuk melakukan olahraga dua kali seminggu selama empat minggu. Setelah itu mereka mereka mengamati fungsi kognitif, detak jantung, dan komposisi tubuh partisipan.
Hasilnya diketahui bahwa tak hanya kesehatan tubuh partisipan saja yang membaik setelah berolahraga, namun juga hasil tes kemampuan kognitif mereka.
"Setidaknya 150 menit aktivitas fisik setiap minggu bisa memberikan perbedaan besar untuk menjaga tubuh dari faktor risiko penyakit jantung dan stroke," papar Dr Beth Abramson dari heart and Stroke Foundation.
"Ada banyak manfaat dari olahraga. Penelitian ini menunjukkan bahwa olahraga tak hanya membuat fisik merasa lebih baik, tetapi juga otak kita," tambahnya, seperti dilansir olehHuffington Post (31/10).
Sebelumnya, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh neurology juga menunjukkan bahwa olahraga mampu mencegah pengerutan otak yang berujung pada penurunan ingatan dan penyakit Alzheimer.
Jadi, tak ada alasan lagi untuk malas-malasan berolahraga ya!

Editor: Mia Novilia
Sumber : 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.