Kepercayaan publik terhadap media Indonesia tinggi

Sabtu, November 17, 2012 0 Comments

Ilustrasi. Uni Zulfiani Lubis anggota Dewan Pers sedang berbicara dalam acara Pelatihan Microsoft yang diadakan Dewan Pers. (9-10|11|2012)

"Hasil survei ini menempatkan media-media di Indonesia sebagai institusi yang dipercaya publik dengan hasil 80% tingkat kepercayaan yang tinggi, paling tinggi di tingkat regional dan global." 

- Uni Z. Lubis

Tingkat kepercayaan publik Indonesia terhadap media-media di Indonesia merupakan yang tertinggi di dunia. Survei Edelman Trust menyebutkan media-media di Indonesia mengantongi 80% kepercayaan publik di Indonesia.

Survei ini dilakukan kepada 25 negara dan Indonesia adalah salah satunya. Secara keseluruhan survei ini melibatkan 30.000 responden dan sebanyak 1.000 responden dari Indonesia. Responden ini terdiri dari anggota masyarakat sebanyak 800 responden, dan sisanya adalah kaum praktisi dan juga profesional.

"Hasil survei ini menempatkan media-media di Indonesia sebagai institusi yang dipercaya publik dengan hasil 80% tingkat kepercayaan yang tinggi, paling tinggi di tingkat regional dan global," tutur Uni Z. Lubis, Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Profesi Wartawan Dewan Pers dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR, Rabu (22/2).

Survei ini dilakukan terhadap media-media tradisional seperti harian, tabloid, radio dan televisi. Meski begitu, Uni menyebutkan bahwa pada tahun 2010, tingkat kepercayaan publik Indonesia terhadap media, lebih tinggi lagi, yaitu mencapai 86%. Meski tingkat kepercayaan masyarakat kepada media menurun di tahun 2011, namun angka tersebut masih merupakan angka tertinggi di dunia.







Editor: Yudi Dwi Ardian
Sumber: kontan.co.id

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.