Kartu Sehat tak butuh surat keterangan miskin

Sabtu, November 10, 2012 0 Comments

GEBRAKAN 100 HARI JOKOWI BASUKI #25


"Sistemnya memang sama. Cuma sekarang tidak pakai surat keterangan miskin dan lain-lain." 

Ahok

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan, sistem yang diterapkan dalam Kartu Sehat akan mirip dengan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Tetapi, kata dia, kartu ini tidak akan memerlukan surat keterangan miskin.

"Sistemnya memang sama. Cuma sekarang tidak pakai surat keterangan miskin dan lain-lain," kata Ahok di Balaikota, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (9/11).

Ahok mengatakan, keberadaan kartu sehat nanti juga sebagai kartu rekam medis. Ini untuk memudahkan tim medis melakukan pelacakan riwayat kesehatan pemegang kartu.

"Kami juga butuh mencatat data pasien. Nah, data itu akan dipenuhi oleh kartu sehat. Jadi, rekam medis semua orang sakit itu ada di dalam kartu. Semua penyakit yang diderita akan tercantum," kata Ahok.

Lebih lanjut, Ahok menuturkan, sistem rujukan juga tidak akan berbeda dengan Jamkesda. Semua pasien akan ditangani puskesmas terlebih dulu, baru dirujuk ke RSUD terdekat.

"Tinggal tunjukkan KTP saja, sudah gratis," terang dia.

Bahkan, Ahok berani mengklaim, kartu sehat ini akan lebih canggih dibandingkan dengan Solo. "Di sana kan tiga tahun Rp 3,5 triliun, kami setahun saja Rp 4 triliun. Jadi nanggungnya lebih banyak," pungkas dia.





Editor: M. Amin
Sumber : 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.