Jokowi janji 20 persen ruang terbuka hijau dalam 5 tahun

Senin, November 05, 2012 0 Comments

GEBRAKAN 100 HARI JOKOWI BASUKI #19


"Ya 5 tahun kalau 20 persen dapat lah. Ya pokoknya 20 itu terpenuhi."

- Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) siap menyediakan ruang terbuka hijau (RTH) lebih banyak lagi di Jakarta. Lima tahun di bawah kepemimpinannya, Jokowi menargetkan 20 persen RTH.

"Ya 5 tahun kalau 20 persen dapat lah. Ya pokoknya 20 itu terpenuhi," ujar Jokowi, di Jakarta, Minggu (4/11).

Saat ini Jakarta hanya memiliki 10 persen ruang hijau. Untuk mencapai target tersebut, Jokowi siap membeli lahan sebanyak mungkin. 

"Caranya seperti apa? Ya beli lahan sebanyak-banyaknya, nggak ada cara yg lain. Karena kota yang sehat itu, kota yang punya ruang publik yang banyak, punya RTH yg banyak dan minimalnya kan ada di undang-undang itu kan 20 + 10 persen, ya sudah itu," jelas dia.

Jokowi akan menggunakan lahan-lahan yang belum terpakai dengan tetap konsisten terhadap rancangan tata ruang yang ada. Dia meminta pemanfaatan lahan di Jakarta benar-benar sesuai fungsi awalnya.

"Ada konsistensi. Kalau itu untuk mal silakan untuk mal," katanya.

Dia pun berencana mendesain ulang rencana tata ruang hijau di Jakarta. Dengan begitu, konsistensi terhadap pemanfaatan lahan tetap terjaga.

"30 Persen yang ada itu sebetulnya sudah beres, problemnya adalah yang tata ruang itu, ruang-ruang yang ada bisa dimain-mainin. Mau ditertibkan gimana? Wong udah banyak seperti itu. Gak tahu itu oleh siapa," jelas mantan wali kota Solo ini.



Editor: M. Amin
Sumber : 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.