Iwan Piliang: Wartawan Penolak Amplop Kian Langka

Rabu, November 14, 2012 0 Comments



"Riset kuisener pada 21 organisasi pers di Indonesia."

 Iwan Piliang

Penggiat citizen journalism, Iwan Piliang mengkritisi professionalisme wartawan di era reformasi ini. Larangan penolakan amplop hanya ditaati oleh enam persen jurnalis dari total keseluruhan ada di Indonesia.

"Riset kuisener pada 21 organisasi pers di Indonesia," katanya saat di Balikpapan, Rabu 14 November 2012.

Menurut Iwan Piliang, pada 2006 lalu, dia pernah mengadakan riset dengan membagikan kuisioner kepada 21 organisasi pers. Hasilnya ternyata hanya sekitar enam persen wartawan yang menjalankan tugas dengan menggunakan nurani, sisanya 94 persen masih terima amplop.

Menurutnya, ada sistem yang salah, sehingga masih banyak wartawan yang menjalankan tugasnya sambil menerima amplop. Termasuk rendahnya tingkat kesejahteraan awak media meskipun dibebani kewajiban beban kerja yang berat.

"Meskipun pada akhirnya kembali pada pribadi masing masing," ujarnya.

Dalam kaitannya dengan undang-undang pers, banyak media yang juga ikut terkooptasi, berdasarkan yang bayar. Dia tidak sependapat, jika karena gaji atau honor yang masih di bawah standar, kemudian wartawan melegalkan terima amplop.

Ia mencontohkan, pejabat dengan jabatan dan golongan yang tinggi, masih juga korupsi. "Sekarang kita lihat pengawai negeri yang udah gede gajinya di level Dirjen paling gede juga korupnya kan. Direktur eselon dua gede juga korupnya," katanya. 





Editor: Gurun Ismalia
Sumber : 
Tempo.co

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.