Rabu, 14 November 2012

Hidup Sehat Tanpa Diabetes




Tanggal 14 November diperingati sebagai hari Diabetes Mellitus di seluruh dunia. Tanggal itu merupakan hari kelahiran Frederick Banting, yang bekerjasama dengan Charles Best menemukan insulin.

Insulin adalah obat untuk membantu menurunkan gula darah  yang tinggi pada orang dengan Diabetes mellitus (kencing manis).

Tema peringatan tahun ini adalah "Protect Our Future (Selamatkan Masa Depan)".

Diabetes tidak lagi identik dengan penyakit orang tua. Kini penderita diabetes usia muda di Indonesia jumlahnya meningkat. Pola makan dan gaya hidup adalah kuncinya.

WHO memperkirakan pada tahun 2002 terdapat 150 juta penduduk dunia yang terkena penyakit ini, akan meningkat dua kali lipat di tahun 2025.

Di Indonesia diperkirakan 6-8% penduduk Indonesia terkena Doabetes mellitus.

Tanda-tanda Orang Mulai kena Diabetes:
1. Sering buang air kecil (Poliuri)
2. Cepat haus (Polidipdi)
3. Tenaga berkurang (Polifagi)

Lakukan Gerakan 3 J (Jumlah, Jenis dan Jadwal) :
1. Jumlah 
Melakukan pola makan yang ideal dengan menghitung jumlah kalori ideal yang harus dikonsumsi oleh tubuh, kaitannya erat dengan tinggi badan serta aktifitas fisik yang bisa dilakukan.

2. Jenis
Memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, komposisi gizi harus seimbang yaitu yang mengandung 45-64% karbohidrat, 10-20% protein, lemak 20-25% serta vitamin dan mineral.

3. Jadwal
Mengatur jadwal makan yang ideal adalah tiga kali makan besar diselingi dengan tiga kali makan kecil termasuk sarapan pagi.

Dgn pola makan 3 J diatas diharapkan kita dapat menerapkan pola makan sehat disertai olah raga teratur agar kadar gula dalam darah senantiasa terjaga untuk hidup sehat dan optimal.



Oleh: Wahyudi
Penulis adalah Kepala Bagian Kesehatan MIM Kota Semarang

Berita Davina

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Pedoman Komentar

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu.

Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.

Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar :)