Besok, warga Jakarta berobat ke Puskesmas gratis

Jumat, November 09, 2012 0 Comments

GEBRAKAN 100 HARI JOKOWI BASUKI #24


"Kami baru hitung, bisa Rp 1,2 triliun itu khusus Jamkesda. Total kesehatan itu sekitar Rp 4 triliun." 

- Basuki Tjahaja Purnama

Pemprov DKI Jakarta telah mengalokasikan anggaran Rp 4 triliun untuk dana kesehatan pada 2013. Nantinya, warga miskin Jakarta bisa berobat gratis dengan menggunakan Kartu Jakarta Sehat.

"Kami baru hitung, bisa Rp 1,2 triliun itu khusus Jamkesda. Total kesehatan itu sekitar Rp 4 triliun," kata Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota Jakarta, Jumat (9/11).

Rencananya, Kartu Jakarta Sehat akan diluncurkan besok, 10 November 2012. Tahap awal, ujicoba dilakukan sebanyak 3.000 kartu terlebih dahulu.

"Besok itu peluncuran Kartu Jakarta Sehat. Besok Puskesmas akan gratis. Lalu data-datanya. Lalu data-datanya akan dimasukkan ke Kartu Sehat, akan diujicoba 3000 kartu. Kalau DPRD minta ujicoba 1,5 bulan. Jadi nanti diujicoba 3.000, 2013 full kartu," ujar Ahok.

Jika Puskesmas tidak mampu menangani, maka akan diberlakukan sistem rujuk. Untuk rujukannya adalah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

"Itu pakai sistem rujuk, anggaran sekitar Rp 900 miliar sampai Rp 1 triliun, ini juga akan sistem rujukan kerjasama RSCM kalau rujukannya sudah bagus maka orang tidak perlu ke RSCM. Sudah ada sistem pelayanan dokter keluarga tadi, pelayanan primer nanti datang ke kampung-kampung," ujarnya.




Editor: M. Amin
Sumber : 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.