Jumat, 09 November 2012

Besok, warga Jakarta berobat ke Puskesmas gratis

GEBRAKAN 100 HARI JOKOWI BASUKI #24


"Kami baru hitung, bisa Rp 1,2 triliun itu khusus Jamkesda. Total kesehatan itu sekitar Rp 4 triliun." 

- Basuki Tjahaja Purnama

Pemprov DKI Jakarta telah mengalokasikan anggaran Rp 4 triliun untuk dana kesehatan pada 2013. Nantinya, warga miskin Jakarta bisa berobat gratis dengan menggunakan Kartu Jakarta Sehat.

"Kami baru hitung, bisa Rp 1,2 triliun itu khusus Jamkesda. Total kesehatan itu sekitar Rp 4 triliun," kata Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota Jakarta, Jumat (9/11).

Rencananya, Kartu Jakarta Sehat akan diluncurkan besok, 10 November 2012. Tahap awal, ujicoba dilakukan sebanyak 3.000 kartu terlebih dahulu.

"Besok itu peluncuran Kartu Jakarta Sehat. Besok Puskesmas akan gratis. Lalu data-datanya. Lalu data-datanya akan dimasukkan ke Kartu Sehat, akan diujicoba 3000 kartu. Kalau DPRD minta ujicoba 1,5 bulan. Jadi nanti diujicoba 3.000, 2013 full kartu," ujar Ahok.

Jika Puskesmas tidak mampu menangani, maka akan diberlakukan sistem rujuk. Untuk rujukannya adalah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

"Itu pakai sistem rujuk, anggaran sekitar Rp 900 miliar sampai Rp 1 triliun, ini juga akan sistem rujukan kerjasama RSCM kalau rujukannya sudah bagus maka orang tidak perlu ke RSCM. Sudah ada sistem pelayanan dokter keluarga tadi, pelayanan primer nanti datang ke kampung-kampung," ujarnya.




Editor: M. Amin
Sumber : 

Berita Davina

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Pedoman Komentar

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.
Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu.

Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.

Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar :)