Beranilah Memulai Sesuatu yang Besar

Senin, November 05, 2012 , 0 Comments


hafiz_PJ

Ada saran ketika mulai bisnis harus dari yang kecil dulu sesuai dengan kondisi keuangan kita dan sesuai dengan pengalaman yang kita miliki. Itu sangat benar sekali. 

Dalam konteks ini yang ingin saya bahas adalah tidak ada keharusan juga untuk mulai dari yang kecil. Bisnis adalah masalah keberanian mengambil resiko. Jika Anda mendapatkan kesempatan untuk bisa merealisasikan ide besar dengan kondisi yang Anda yakin bisa Anda lakukan dengan modal besar, ya lakukan. 

Tidak ada hukum kekekalan dalam bisnis yang berlaku untuk selalu memulai dari yang kecil dengan modal yang kecil. Saya menulis seperti ini karena saya ingin menggelitik sedikit pikiran para pengusaha yang sudah mencapai titik aman pertama dalam bisnisnya untuk berani membesarkan impian untuk mencapai yang lebih tinggi. 


Kita bukannya tidak bersyukur tetapi ingatlah dalam bisnis kita harus berpatron dengan kemajuan negara-negara maju yang begitu pesat dalam mengembangkan bisnis. 

Kenapa sebuah ide besar dan mendunia keberadaannya selalu identik berasal dari negara maju. Kita sebut saja nama-nama tenar seperti FACEBOOK, YOUTUBE, GOOGLE, WALMART, dan lain sebagainya selalu memposisikan diri bahwa negara dunia ketiga seperti Indonesia tidak pernah bisa menyamai kemajuan teknologi dan bisnis negara maju. Itu salah besar. 


Memang sih dalam hal ini tidak disampaikan secara implisit. Tapi pemahaman ini disampaikan secara tidak langsung. Banyak anak-anak muda mengatakan sangat mudah membuat teknologi yang berkembang pesat seperti di negara maju. 

Tetapi kenapa kita tidak pernah bisa mendahului keberadaan sebuah merek besar yang mendunia. Inilah momok yang harus kita basmi dengan cara berani bermimpi besar dan berani memulai dengan sesuatu yang besar. 


Saya sangat mengenal secara tidak langsung beberapa pengusaha besar yang berkata bahwasanya mereka orang yang sangat fokus dan mereka hanya melakukan bisnis besar. Bisnis besar akan menghasilkan keuntungan yang besar pula. Terlalu banyak pengusaha sukses yang hanya jago kandang dan tidak pernah berani meningkatkan taraf kesuksesannya hingga dikenal dunia.

Seorang pengusaha yang mendapatkan ide besar dengan peluang investasi yang besar berarti sudah memulai dari sesuatu yang kecil. Saya adalah orang yang sangat yakin akan proses dan pengalaman. Tidak akan ada keberanian seseorang untuk melemparkan ide besar dengan investasi besar ke publik jika selama ini dia tidak memulai dengan bisnis yang kecil. Ini semua saya alami sendiri. 


Usaha saya masih terbilang belum BESAR (Saya menghindari kata KECIL karena berkonotasi negatif) tetapi pengalaman usaha yang saya mulai dari yang kecil sudah sangat banyak walaupun belum BERHASIL, tetapi saya selalu mendapatkan ide untuk merealisasikan sebuah ide besar. Saya yakin ada jalan untuk kita semua. Jika mereka bisa, kita pasti lebih bisa. Semangat!!!





Oleh: Hafizzuddin, S.E.
Penulis adalah Owner & Founder RAJAGUNG

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.