6 Manfaat musik untuk kesehatan fisik dan mental

Sabtu, November 17, 2012 , 0 Comments

6 Manfaat musik untuk kesehatan fisik dan mental
Ilustrasi mendengar musik. ©shutterstock.com/Evgeny Atamanenko

Terapi musik menjadi salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres. Ketika semangat mulai down, musik jadi mood booster instan. 

Banyak orang percaya bahwa musik dapat mempengaruhi fisik, emosi, dan kualitas hidup mereka. Berikut adalah manfaat musik bagi kesehatan mental seseorang, seperti dilansir Lifemojo.

1. Pembunuh rasa sakit

Musik memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit, melalui pelepasan endorfin (hormon penghilang rasa sakit). Dengan mendengarkan lagu kesukaan, Anda dapat mengalihkan perhatian dari rasa sakit dan melakukan relaksasi.

2. Mengurangi stres

Stres sering dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk sakit mental. Musik mengurangi kecemasan dan depresi yang dialami seseorang. Bahkan, terapi musik bisa membantu untuk menenangkan sel dan menormalkan denyut jantung lho.

3. Merangsang sel-sel otak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa musik dengan beat cepat dapat merangsang gelombang otak untuk beresonansi selaras dengan irama. Alhasil, otak menjadi lebih mudah berkonsentrasi dan berpikir dengan tajam.

4. Memacu tubuh untuk bergerak

Mendengarkan musik sambil berolahraga memiliki dampak yang baik untuk kesehatan fisik dan mental. Anda bisa membunuh sekaligus membunuh kebosanan dan kelelahan.

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Musik membuat tubuh jadi rileks dan lebih tenang. Putarlah musik dengan ritme slow yang lembut dan memberi ketenangan untuk tubuh dan pikiran. Tanpa sadar, Anda akan jatuh tertidur dengan pulas.

6. Meningatkan optimisme

Depresi menyebabkan tubuh lemas, sakit kepala, kecemasan, dan kehilangan konsentrasi. Musik membantu pikiran jadi lebih segar dan menghilangkan depresi. 

Musik adalah sebuah keajaiban dalam hidup manusia. Tanpa musik, hidup manusia tampak hampa. Kaku. Dengan musik, hidup jadi lebih berwarna dan indah.





Editor: Nina Kirana
Sumber : 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.