4 Rusun yang dijanjikan Ahok untuk rakyat miskin Jakarta

Senin, November 05, 2012 0 Comments

GEBRAKAN 100 HARI JOKOWI BASUKI #20

4 Rusun yang dijanjikan Ahok untuk rakyat miskin Jakarta
jokowi dan istri kunjungi rusun tanah tinggi. ©2012 Merdeka.com/imam buhori


Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama punya cita-cita meningkatkan kesejahteraan warga miskin di Ibu Kota. Salah satunya dengan menyediakan rumah yang layak huni untuk mereka.

Sejak dilantik pada 15 Oktober lalu, pria akrab disapa Ahok itu banyak umbar janji soal rumah yang bakal dibangun. Rumah itu dibuat konsep bersusun dengan sistem sewa dan sejumlah aturan ketat.

Pilihan rumah susun bisa jadi karena Jakarta tak lagi memiliki lahan yang cukup luas untuk dibangun perumahan ke samping. Alhasil konsep rumah susun pilihan yang paling mungkin.

Di zaman pemerintahan Fauzi Bowo, pernah dikatakan bahwa permukaan tanah di Jakarta terus mengalami penurunan 1,4 sentimeter tiap tahunnya. Ahli mengatakan, ada baiknya Jakarta tidak terus membangun atau pun tidak membuat bangunan tinggi.

Tak hal itu tampaknya bukan kendali buat Ahok. Buatnya yang terpenting warga miskin berhak mendapatkan kesejahteraan dengan memiliki rumah yang layak huni dan sehat.

Berikut rusun yang dijanjikan Ahok untuk rakyat miskin Jakarta.


1. Rusun di atas pasar tradisional

Ahok akan membuat konsep perumahan seperti rusun di atas pasar-pasar tradisional di Jakarta. Ahok menjanjikan wacana ini bisa direalisasikan tahun depan.

"Kami ingin bangun perumahan di atas pasar," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Rabu (24/10).

Ahok menjelaskan, konsep rumah yang dimaksud berbentuk menjulang ke atas seperti semi apartemen. Rumah-rumah itu nantinya diperuntukkan bagi pedagang yang berjualan di pasar tersebut.

"Pasarnya tidak digusur. Kita hanya buat rumah itu di atas pasar dengan tujuan tidak jauh dari tempat mereka berdagang sehingga tidak kesulitan ekonomi, transport," jelasnya.

Rumah itu nantinya bakal digratiskan buat pedagang dan tidak diperjualbelikan untuk umum. Mereka hanya dikutip biaya retribusi harian. Tahap awal, pembangunan rusun fokusnya di kawasan Pasar Rumput.

"Tapi bukan tidak mungkin juga kita bangun di Pasar Minggu dan pasar-pasar lainnya," papar Ahok.

2. Rusun di Muara Angke

Ahok tidak akan membiarkan rakyat Jakarta terkatung-katung karena rumahnya digusur. Oleh karena itu dia berencana membangun tempat tinggal yang lebih layak bagi warga yang tempat tinggal warga di Kampung Baru, Muara Angke dibongkar.

"Dibangun di Muara Angke juga. Jadi jangan pernah pindahkan orang, keluar dari wilayahnya. Susah cari makannya," kata Ahok dalam Upacara Penutupan Revitalisasi Program KB Nasional Tahun 2012 dan TMMD ke-89 di wilayah Kodam Jaya, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (30/10).

Mengenai anggaran yang disiapkan untuk rencana tersebut, kata Ahok, sedang dalam proses pengkajian. "Kita lagi hitung," ungkapnya.

3. Rusun untuk murid miskin

Ahok siap memberikan rumah susun sewa kepada wali murid yang benar-benar mengalami himpitan ekonomi.

"Itu kita berikan bantuan sosial yang berbeda," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota Jakarta.

Di tempat tinggal yang dia tawarkan, orang tua murid juga dipersilakan membuka usaha agar untuk menambah penghasilan. "Tugas kami kan berfikir rakyat maunya apa," kata pria yang akrab disapa Ahok itu.

4. Rusun di pinggir kali

Ahok bersama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berjanji membangun rusun di pinggir kali yang ada di Jakarta. Rusun itu untuk menata permukiman kumuh yang selama ini justru mempersempit kali.

Salah satu kali yang diprioritaskan untuk dibangun rusun adalah Kali Ciliwung. Sebab, di sana saat ini banyak warga mendirikan rumah permanen di pinggir-pinggir kali.


Editor: M. Amin
Sumber : 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.