Seminggu di Mekkah, rombongan Menteri Agama habiskan Rp 2,3 M

Rabu, Oktober 24, 2012 , 0 Comments

Seminggu di Mekkah, rombongan Menteri Agama habiskan Rp 2,3 M
Suryadharma Ali . ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko
"Selama 7 hari saja sudah menghabiskan sebesar Rp 2,3 miliar. Jika keberangkatan Menteri Agama bersama rombongan dengan jumlah 34 orang ke Saudi Arabia memakai APBN sangat merugikan alokasi anggaran negara."

[Uchok Sky Khadafi]

Kecaman dan kritikan terhadap Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA) terus bergulir. Penyebabnya, menteri yang juga Ketua Umum PPP itu membawa rombongan 34 orang yang berisi keluarga, kerabat, dan koleganya ke Tanah Suci. 

Rombongan jumbo Suryadharma Ali tersebut menginap di hotel mewah bintang lima, Hotel Hilton selama di Mekkah. Menurut Koordinator Investigasi dan Advokasi FITRA, Uchok Sky Khadafi, selama 7 hari di tanah suci, rombongan tersebut telah menghabiskan Rp 2,3 miliar.

"Selama 7 hari saja sudah menghabiskan sebesar Rp 2,3 miliar. Jika keberangkatan Menteri Agama bersama rombongan dengan jumlah 34 orang ke Saudi Arabia memakai APBN sangat merugikan alokasi anggaran negara," jelas Uchok dalam rilisnya, di Jakarta, Rabu (24/10).

Uchok membeberkan, kalau memakai asumsi dengan standar biaya pemerintah tahun 2012 atau PMK No 84/PMK.02/2011, keberangkatan Menteri Agama dengan 34 rombongan sudah menghabiskan anggaran sebesar Rp 2.310.525.000 selama 7 hari. 

Padahal hal itu belum dihitung anggaran menginap di hotel mewah bintang lima, Hotel Hilton. Rombongan Menteri Agama Suryadharma Ali dikabarkan berangkat tanggal 17 Oktober, tepat satu Minggu kemarin.

Alokasi anggaran untuk satu orang ongkos pesawat saja, dari Jakarta ke Riyadh sebesar USD 4.598 dengan tempat duduk eksekutif atau sebanyak 34 orang akan menghabiskan sebesar Rp 1.4 miliar. Dan alokasi anggaran perorang untuk biaya uang harian untuk hotel, transportasi lokal, dan lain-lain akan mendapat sebesar USD 391 perhari atau sudah 7 hari di Mekkah, dengan jumlah 35 orang, akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 862,1 juta.

Fitra pun menyayangkan Menteri Agama yang berangkat bersama rombongan yang sebagian rombongan adalah keluarga mereka.

"Memang besok bisa dibantah bahwa ongkos perjalanan ke Saudi Arabia diambil dari ongkos uang sendiri. Dan Kita tahu, Menteri Agama adalah orang kaya yang sanggup membawa rombongan sebanyak 34 orang ke Mekkah tanpa memakai uang negara. Tapi, sebagai seorang menteri harus bisa memisahkan mana tugas negara, dan mana tugas keluarga," kata Uchok.

Menurut Fitra, tidak seharusnya membawa rombongan dari orang-orang terdekat sendiri. Kalau mau membawa keluarga ke Mekkah, tidak seharusnya saat jadi menteri. Oleh karena, jika masih menjadi menteri, tetap saja keluarga atau orang dekat menteri akan menikmati fasilitas negara yang sebetulnya tidak boleh keluarga pakai selain oleh menteri sendiri.

"Sepulang dari Mekkah, kami meminta kepada Menteri Agama untuk menjelaskan kepada publik, tentang alokasi anggaran yang dipakai oleh orang-orang terdekat atau keluarga menteri yang ikut rombongan ke Mekkah agar tidak menjadi preseden buruk bagi Kementerian Agama sebagai lembaga negara," terangnya.

Berikut nama-nama anggota rombongan tersebut berdasarkan daftar yang diperoleh sumber merdeka.com yang berada di Mekkah:

1. Suryadharma Ali Menag/amirul haj
2. Wardatul Asriah (istri Menag/anggota DPR)
3. Rendhika D Harsono (anak menantu)
4. Dewi Sri Masitho (adik)
5. Elyati Ali Said (adik)
6. Mimik Ismiasih B Sawojo (adik)
7. Anwar Musadda Ropiudin (adik)
8. Neneng L Susanti (Adik)
9. Joko Purwanto (Ketua Angkatan Muda Kabah PPP)
10.Deasy Aryani Larasati (istri Joko Purwanto)
11.Najmuddin H Rasyid (keluarga Joko Purwanto)
12.Rosma Lotang Sawalleng (istri Najmuddin)
13.Richard Lessang Frans (sahabat menag)
14.Inani Arya Tangkary (istri Richard)
15.Muhammad Mardiono (ketua DPW PPP Banten)
16.Etty Triwi Kusumaningsih (istri Mardiono)
17.Erik Satrya Wardhana (sahabat Ibu Emalena)
18.Ermalena Muslim Hasbullah (staf khusus)
19.Guritno Kusumo Dono (staf khusus)
20.Titiek Murrukmihati (istri Guritno)
21.Saefudin A Syafii (sesmenag)
22.Abdul Wadud K Anwar (wasesmenag)
23.M Mukmin Timoro (ajudan menteri)
24.Ivan Adhitira (ajudan menteri)
25.Hendri Amri M.Saud (ADC/pengawal pribadi)
26.Agus Riadi Pranoto (pengawal pribadi)
27.Karto Kamid (staf Kemenag)
28.Sundari Kasiran (ajudan istri menag)
29.Sholichul Qodri (ajudan istri menag)
30.Reni Marlinawati (anggota F-PPP DPR/Komisi X)
31.Mochammad Amin (suami Reni Marlinawati)
32.Irgan Chairul Mahfiz (wakil ketua komisi IX DPR/F-PPP)
33.Wardatun N Soejono (istri Irgan)
34.KH Nur M Iskandar
35.Nur Djazilah M (istri KH Nur Iskandar).





Editor: M. Amin
Sumber : 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.